nusabali

Sumber Air di Petung Tercemar Sampah Plastik

  • www.nusabali.com-sumber-air-di-petung-tercemar-sampah-plastik

AMLAPURA, NusaBali
Sumber mata air di Telabah Petung, Banjar/Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem tercemar sampah plastik. Di dekat lokasi banyak warung.

Para pembeli diduga buang sampah sembarangan hingga saluran air tersumbat. Perbekel Desa Muncan I Wayan Tunas melakukan gerakan bersih-bersih di sumber mata air melibatkan perangkat desa dan tim KBS (Kerti Bali Sejahtera) Desa Muncan.

Tim KBS Desa Muncan berhasil mengumpulkan botol plastik dari berbagai ukuran. Petugas masuk telabah Petung untuk memungut sampah plastik. Botol plastik dimasukkan ke dalam kampil untuk disalurkan ke pengepul. Selain memungut sampah botol plastik, Perbekel Desa Muncan I Wayan Tunas juga mengedukasi masyarakat, terutama pedagang dan pembeli agar tidak buang sampah sembarangan. “Telabah Petung ini bukan TPA (tempat pembuangan akhir) dan bukan untuk buang sampah. Ini aliran air untuk irigasi, jangan sampai tercemar,” pinta Tunas. Pemilik warung diingatkan punya tempat menampung sampah, pembeli disarankan buang sampah di tempat sampah yang tersedia. Pemilik warung yang mengangkut ke tempat pembuangan sampah. *k16

Komentar