nusabali

Run To Care 2021 di Bali Kumpulkan Donasi Rp 1,3 Miliar

  • www.nusabali.com-run-to-care-2021-di-bali-kumpulkan-donasi-rp-13-miliar

TABANAN, NusaBali
Kegiatan lari ultramarathon bertajuk ‘Run To Care’ 2021 mencapai akhir perhelatan pada Minggu (28/11).

Even bergengsi yang diikuti sekitar 900 pelari baik offline maupun virtual ini berhasil mengumpulkan donasi Rp 1,3 miliar.

Run To Care 2021 diselenggarakan oleh SOS Childern’s Village ini, sebelumnya mengambil start di depan Hotel Four Point by Sheraton Bali, kawasan Unggasan, Nusa Dua, Badung. Pelari dari seluruh nusantara ini kemudian mengambil rute menuju Gianyar, Kintamani-Bangli, Ubud, dan finis sampai di SOS Childern’s Vilage, Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan. Jarak tempuh event tahunan ini diselenggarakan dengan tiga kategori yakni 50 km (kilometer), 100 km hingga 150 km.

Pantuan di lokasi, satu persatu pelari baik perempuan dan laki-laki tiba disambut gemuruh anak-anak SOS Childern Vilage. Sampai di finis mereka diberikan medali, dan kenang-kenangan dari panitia.

Ultramarathon tersebut digelar sebagai ajang penggalangan dana bagi anak-anak terdampak pandemi Covid-19. Ada ratusan anak yang disediakan donasi di seluruh Indonesia dengan formasi per anak mendapatkan sumbangan Rp 5 juta.

Direktur Nasional SOS Children’s Village Indonesia Gregor Hadi Nitiharjo mengatakan Run To Care yang diselenggarakan di Bali ini adalah kegiatan berbeda dari event sebelumnya. Sebab pelaksanaannya bisa lebih longgar meksipun dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Berbeda dengan Run To Care di Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun sebelumnya, harus menerapkan protokol kesehatan begitu ketat. Event sekarang ini mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Bali, kepolisian dan masyarakat Bali yang membantu dan mendukung Run To Care 2021.  “Kami lihat sekarang banyak peserta yang ingin datang ke Bali meskipun jumlahnya dibatasi. Ini kami rasakan jadi bukti keceriaan dan suka cita,” aku Hadi di sela-sela acara.

Kata dia, yang paling mengharukan dalam event yang diselenggarakan tersebut adalah donasi yang sudah terkumpul mencapai Rp 1,3 miliar. Jumlah ini adalah angka yang tak disangka dan mesti disyukuri. Sebab begitu banyak orang peduli dengan anak-anak Indonesia terutama yang berdampak pandemi Covid-19. “Jadi yang kami ingin lakukan adalah anak-anak di Indonesia dengan apapun kondisinya mereka harus mendapat hak untuk belajar, perlindungan, hak pendidikan hingga hak kesehatan harus didapat,” sebutnya.  

Kata dia, event Run To Care tahun 2022 mendatang akan diselenggarakan. Sebab masih banyak lagi anak-anak yang harus dibantu. “Untuk tempat terselenggaranya event ini belum bisa ditentukan, kami masih koordinasikan,” imbuhnya seraya menyebutkan untuk peserta yang mengikuti bisa diikuti oleh pelari internasional. Karena tujuan terselenggara kegiatan ini untuk penggalian dana. *des

Komentar