nusabali

PDKT Squad Karangasem Juara ASEAN Fun Aerobic

  • www.nusabali.com-pdkt-squad-karangasem-juara-asean-fun-aerobic

AMLAPURA, NusaBali
Regu senam PDKT Squad Karangasem dinobatkan sebagai juara ASEAN Fun Aerobic Dance Competition 2021.

Selain dinyatakan sebagai juara, regu senam PDKT Squad Karangasem juga meraih gelar favorit. ASEAN Fun Aerobic Dance Competition 2021 yang mengantarkan regu senam PDKT Squad Karangasem sebagai jawara ini diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI. Seluruh peserta dari negara-negara ASEAN mengirim video senam PDKT untuk disertakan dalam lomba dan kemudian dinilai oleh dewan juri.

Regu senam PDKT Squad Karangasem sendiri mengirimkan video berjudul ‘Sat Kerthi For All’. Video berdurasi 8 menit ini menampilkan 5 orang pesenam, terdiri dari 3 pria dan 2 wanita. Mereka masing-masing I Gusti Ngurah Made Sinar Darmayasa (koordinator), I Made Subena Putra, Dewi Sumaeda, I Gede Yudi Septian Permana, dan Fitri Aris Kianti Martasari.

Berdasarkan penilaian, video senam berjudul ‘Sat Kerthi For All’ dari PDKT Squad Karangasem terpilih mewakili Indonesia. Pada akhirnya, mereka keluar sebagai juara dan sekaligus regu favorit dalam ajang ASEAN Fun Aerobic Dance Competition 2021, dengan mengungguli wakil Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Salah satu anggota regu senam PDKT Squad Karangasem, I Made Subena Putra, mengatakan awalnya Kementerian Kesehatan RI mengumumkan adanya lomba ASEAN Fun Aerobic Dance Competition 2021. Tujuannya, untuk menumbuhkan dan membangkitkan semangat berolahraga bagi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Setiap regu peserta harus mengirimkan video dalam kurun 1 Juni-30 Oktober. Dalam video diwajibkan berisi gabungan identitas budaya ASEAN, mulai dari pakaian, aransemen musik, hingga koreografi gerakannya. Dalam video juga wajib memuat teks berbahasa Inggris, mulai dari judul senam, nama penata musik, koreografer, hingga nama-nama anggotanya.

Karya tersebut harus asli, bukan plagiat. “Kriterianya, gerakan senam aerobic yang ringan dengan menggabungkan identitas budaya ASEAN, dibawakan dengan tampilan ceria dan energik, yang dilengkapi latar musik dan budaya ASEAN. Koreografi yang ditampilkan juga wajib mencirikan budaya negara-negara ASEAN yang mudah dan aman dilakukan,” ungkap Made Subena Putra di Amlapura, Minggu (28/11).

Menurut Subena Putra, gerakan senam terdiri dari pemanasan, gerakan inti, dan pen-dinginan, semuanya diiringi musik untuk memotivasi agar terus aktif bergerak. Ternyata, regu senam PDKT Squad Karangasem terpilih sebagai juara dalam ajang ASEAN Fun Aerobic Dance Competition 2021 ini.

"Kami bukan saja dinobatkan sebagai yang terbaik, tapi juga dinyatakan sebagai juara favorit. Pasalnya, kami mendapatkan like terbanyak di YouTube," papar pesenam yang kesehariannya bertugas sebagai staf Bagian Humas dan Protokol Pimpinan Pemkab Karangasem ini.

Menurut Subena Putra, pihaknya sudah diundang ke Jakarta untuk mengambil hadiah sebagai juara dan regu favorit ASEAN Fun Aerobic Dance Competition 2021, Senin (29/11) ini. Acara penyerahan hadiah akan dilakukan di Aula Siwabessy Gedung Prof dr Sujudi Kementerian Kesehatan.

Sebagai juara, regu senam PDKT Squad karangasem berhak atas uang pembinaan sebesar 5.000 dolar Amerika Serikat. Sedangkan sebagai regu favorit, mereka juga dapat hadiah 2.500 dolar Amerika Serikat.

Menurut anggota regu lainnya, Dewi Sumaeda, secara keseluruhan regu PDKT Squad Karangasem berhak atas hadiah senilai Rp 108,52 juta. "Hadiah itu nantinya digunakan untuk menutupi biaya-biaya selama dua minggu persiapan dan juga biaya persiapan lomba berikutnya," cerita perempuan yang kesehariannya menjadi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan di SDN 4 Padangkerta, Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem ini. *k16

Komentar