nusabali

Tiga Camat Bersaing Jadi Pimpinan Tinggi Pratama

  • www.nusabali.com-tiga-camat-bersaing-jadi-pimpinan-tinggi-pratama

Dari 24 pelamar JPT yang lolos administrasi, hanya satu pelamar perempuan.

AMLAPURA, NusaBali

Sebanyak tiga camat di Kabupaten Karangasem bersaing menduduki jabatan pimpinan tinggi (JBT) pratama. Ketiganya telah lulus administrasi. Ketiga camat itu yakni Camat Manggis Ida Nyoman Astawa, Camat Abang Ida Bagus Eka Ananta Wijaya, dan Camat Karangasem Cok Alit Surya Prabawa. Mereka melamar sebagai Kepala Pelaksana BPBD dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Merta, mengungkapkan tiga camat bersaing naik status dari eselon IIIa ke eselon IIB. Camat Manggis Ida Nyoman Astawa dan Camat Abang Ida Bagus Eka Ananta Wijaya melamar sebagai Kepala Pelaksana BPBD Karangasem. Mereka bersaing dengan Sekretaris Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa yang sebelumnya pernah menjabat Plt Kepala Pelaksana BPBD. “Tiap JPT pelamarnya tiga orang,” ungkap Sedana Merta didampingi Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP SDM) Karangasem, I Gusti Gede Rinceg, Minggu (28/11).

Sementara Camat Karangasem Cok Alit Surya Prabawa melamar sebagai Kadis PMD. Bersaing dengan Kabid Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja I Nyoman Alex Merta dan Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik I Made Sugiartha. Sekda Sedana Merta mengungkapkan, pelamar JPT sebanyak 24 orang untuk 8 jabatan eselon IIB. Dari 24 pelamar JPT yang lolos administrasi, hanya satu pelamar perempuan, Ni Made Laba Dwikarini. Saat ini Laba Dwikarini sebagai Kabid Ketersediaan Distribusi Kerawanan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan.

Laba Dwikarini memperebutkan jabatan Kadis Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan. Pesaingnya I Gede Loka Santika (Sekdis Perindustrian dan Perdagangan Karangasem) dan I Made Hadi Susila (Kabag Ekonomi Setda Karangasem). Lima JPT lainnya yang dilelang yakni Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kadis Perhubungan, Kasat Pol PP, dan Kadis PUPR Perumahan dan Kawasan Permukiman. Sekda Sedana Merta menjelaskan, tahapan berikutnya pelamar wajib ikut uji kompetensi yang dijadwalkan pada 29-30 November 2021. Presentasi dan wawancara diagendakan padaa 1-2 Desember, penelusuran dan rekam jejak 26 November-2 Desember, pengumuman 3 besar pada 6 Desember, dan pelantikan pejabat baru pada 7 Januari 2022. “Pelamar wajib setor makalah pada 30 November 2021. Makalah ini sebagai bahan presentasi,” jelas Sedana Merta.

Terpisah, Laba Dwikarini mengaku optimis menduduki jabatan Kadis Koperasi UKM dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan. “Saya sudah beberapa kali menempati jabatan eselon IIIb, wajar ingin naik ke eselon IIb. Semuanya tergantung prestasi kerja, nasib baik, dan penilaian pimpinan,” jelas Sekretaris Forpela (Forum Kerukunan Perempuan Lintas Agama) Karangasem. Lelang jabatan mengacu Surat Edaran Menpan dan RB Nomor 52 tahun 2020 tentang pelaksanaan pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah dalam kondisi kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19. *k16

Komentar