nusabali

Siswi SMA PGRI Juara Menulis Cerpen Nasional

  • www.nusabali.com-siswi-sma-pgri-juara-menulis-cerpen-nasional

AMLAPURA, NusaBali
Siswi SMA PGRI Amlapura, Ni Kadek Bonita Dwiyanti, dinobatkan sebagai juara lomba menulis cerpen tingkat nasional 2021 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja.

Pengumuman pemenang secara live di kanal youtube HMJ BSID (Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah) Undiksha, Selasa (23/11). Penyerahan hadiah bertepatan dengan peringatan Hari Guru, Kamis (25/11).

Lomba menulis cerpen yang diselenggarakan HMJ BSID Undiksha diikuti 34 peserta dari SMA/SMK dan perguruan tinggi di Bali dan luar Bali. Bonita Dwiyanti menulis cerpen berjudul Tak Ada Penjor Galungan Ini. “Saat menonton pengumuman secara live di youtube HMJ BSID saya merasa degdegan. Tak yakin menang, ternyata menjadi yang terbaik,” ungkap Bonita Dwiyanti, Jumat (26/11). Siswi kelas XI IPS ini awalnya ikut lomba hanya coba-coba. Setor naskah secara online pada 13 Oktober. Pengumuman masuk 10 besar, Senin (22/11). Pemenang diumumkan Selasa (23/11), dan piagam, sertifikat, dan trofi diantar ke sekolah, Kamis (25/11).

Bonita mengaku menulis cerpen terinspirasi dari novel yang dibacanya. Dikisahkan orangtua terlilit utang, anaknya dititip ke sahabat orangtuanya. Jelang Galungan kangen ingin bertemu orangtua tetapi gagal. Melampiaskan kekecewaannya, bahan penjor yang hendak dipakai Galungan di rumah tempatnya menumpang dirusak, akhirnya gagal buat penjor. “Prestasi ini memotivasi untuk berprestasi lebih baik ke depan. Saya harap adik-adik kelas melanjutkan prestasi ini sehingga berkesinambungan,” harap putri kedua dari tiga bersaudara pasangan I Gede Susila dan Ni Ketut Sudiasih ini.

Guru Pembina Ni Luh Sri Purnami mengatakan, Bonita berbakat di bidang sastra. “Kami hanya mengarahkan saja agar teknis penulisan, penggunaan tanda baca, kutipan, dan ejaannya benar,” jelas Purnami yang mengampu mata pelajaran Fisika. Kasek SMA PGRI Amlapura, I Ketut Jelantik, mendorong agar Bonita Dwiyani terus berkarya dan mengikuti lomba di setiap kesempatan. Sebelumnya siswi kelas XII IPA 1 SMA PGRI Amlapura, Ni Komang Astiti Purnami dinobatkan sebagai juara lomba menulis esai yang diselenggarakan HMJ BSID Undiksha. *k16

Komentar