nusabali

362 SD Tuntaskan ANBK

  • www.nusabali.com-362-sd-tuntaskan-anbk

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 362 SD tuntas menggelar asesmen nasional berbasis komputer (ANBK).

Pelaksanaan ANBK dibagi empat gelombang, berakhir Kamis (25/11). Hanya di Kecamatan Abang sempat terkendala server karena ada gangguan di pusat. Dari 362 SD, hanya SDLB menyertakan dua siswa kelompok B (tuna rungu wicara) ikut ANBK. SD lainnya maksimal 30 siswa kelas V.

Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem I Wayan Sutrisna mengungkapkan, secara umum ANBK di Karangasem berjalan lancar. Sejumlah sekolah mencari tempat yang bagus untuk mendapatkan sinyal. “Kami sempat khawatir ANBK di SDN 5 Duda Timur Kecamatan Selat mengalami gangguan internet. Astungkara saat pelaksanaan ANBK tidak ada kendala,” ungkap Wayan Sutrisna, Jumat (26/11).

Koordinator Wilayah Disdikpora Kecamatan Abang Ni Made Sumerti mengungkapkan, 59 SD di Kecamatan Abang sempat terjadi gangguan server. “Ada gangguan di pusat, hanya sesaat, cepat teratasi,” ungkap Sumerti. Korwil Disdikpora Kecamatan Selat I Komang Suta Wirata mengatakan, di Kecamatan Selat ada 34 SD, pelaksanaan ANBK semuanya lancar. Ada lima jenis pertanyaan ANBK yakni pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, uraian, dan pernyataan. Materi ANBK di hari I dengan materi latihan selama 30 menit, literasi membaca selama 75 menit, penjelasan survei selama 15 menit, dan survei karakter selama 20 menit. *k21

Komentar