nusabali

Musim Hujan, Pohon Perindang Dipangkas

  • www.nusabali.com-musim-hujan-pohon-perindang-dipangkas

NEGARA, NusaBali
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana memangkas sejumlah pohon perindang di Jalan Umum Denpasar – Gilimanuk wilayah Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jumat (26/11).

Pemangkasan tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya bencana pohon tumbang bertalian musim hujan belakangan ini.

Pemangkasan pohon perindang di wilayah Kelurahan Gilimanuk itu dilaksanakan pukul 08.00 hingga 12.00 Wita. Pada kegiatan pemangkasan pohon itu, petugas BPBD dibantu sejumlah personel dari Dinas Lingkungan Hidup, SatPol PP, Perhubungan, aparat Kelurahan Gilimanuk, dan Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk.

Untuk membantu pemangkasan sejumlah ranting pohon yang terlalu menonjol ke jalan, dikerahkan mobil tangga milik Dinas Lingkungan Hidup Jembrana.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jembrana I Putu Agus Antara, mengatakan sejumlah pohon perindang yang dipangkas itu adalah yang berpotensi tumbang dan membahayakan pengguna jalan. Terlebih di tengah musim hujan belakangan ini. “Kami pangkas yang berpotensi membahayakan. Kami berusaha mencegah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Agus Artana mengatakan, pemangkasan pohon perindang yang berpotensi membahayakan pengguna jalan itu, sebelumnya juga dilakukan di beberapa wilayah. Apabila ada pohon perindang yang membahayakan, pihak desa ataupun kelurahan dapat segera melapor ke BPBD. *ode

Komentar