nusabali

DKPP Buleleng Tebar 20.000 Ekor Benih Ikan di Tukad Saba

  • www.nusabali.com-dkpp-buleleng-tebar-20000-ekor-benih-ikan-di-tukad-saba

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng menebar sekitar 20.000 ekor benih ikan nila sepanjang 5 cm, di Sungai Saba, Desa Subuk, Kecamatan Busungbiu, Buleleng, Jumat (26/11) pagi.

Kegiatan ini untuk menjaga sumber daya perikanan di perairan umum.  Benih ikan itu diharapkan dapat berkembang dan menjamin ketahan pangan warga sekitar. Kepala DKPP Buleleng I Gede Putra Aryana mengatakan benih ikan tersebut produksi dari UPTD Balai Perbenihan Ikan (BPI) Kabupaten Buleleng di Unit Ringdikit. Penebaran benih ikan ini diagendakan rutin di perairan umum, seperti sungai dan danau. ‘’Harapannya setelah ikan-ikan ini berkembang, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Hal ini salah satu upaya kami di dinas mewujudkan ketahanan pangan masyarakat,” jelas mantan Camat Busungbiu ini.

Penebaran benih ikan ini melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Kegiatan tersebut melibatkan 50 siswa SD di Desa Subuk. Selain diberikan makanan yang berisi lauk ikan, puluhan siswa itu juga diberikan edukasi tentang pentingnya mengkonsumsi ikan.

“Kami ingin memasyarakatkan makan ikan dari generasi muda. Karena kandungan gizi ikan sangat baik untuk kesehatan. Baik dari pertumbuhan fisik maupun untuk kecerdasan anak, sehingga ini kami galakkan menyasar anak-anak sekolah,” ungkap Putra Aryana.

Gemarikan, sebut Putra Aryana, sangat cocok untuk masyarakat Buleleng. Sebab Buleleng dengan potensi perikanan air tawar maupun air laut, sangat besar. Hal ini akan mendukung program yang dilakukan DKPP.

Kegiatan yang sama juga sudah dilakukan di sejumlah tempat di Buleleng. Hanya saja, peserta yang dilibatkan terbatas, mengingat ketentuan pelaksanaan acara pada masa pandemi Covid-19. *k23

Komentar