nusabali

Antisipasi Fenomena La Nina, Bupati Terbitkan SE

  • www.nusabali.com-antisipasi-fenomena-la-nina-bupati-terbitkan-se

BANGLI, NusaBali
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menerbitkan surat edaran (SE) tentang antisipasi potensi dampak La Nina.

Kepala Pelaksana BPBD Bangli, I Ketut Gede Wiredana mengatakan, isi SE Bupati Bangli agar pemerintah daerah bersama masyarakat melakukan upaya pencegahan, mitigasi, dan kesiapsiagaan menghadapi potensi dampak La Nina. “Potensi banjir, longsor, angin kencang, puting beliung maupun petir,” ungkap Wiredana, Kamis (25/11).

Dalam SE Bupati, masyarakat diingatkan tidak membuang sampah di sungai atau selokan, saluran, dan drainase. Melakukan pemangkasan dahan atau ranting pohon, melaksanakan gerakan pembersihan sampah, perbaikan drainase, dan mengkoordinasikan perbaikan atau pemeliharaan daerah aliran sungai. “Pemangkasan dahan pohon diberikan kewenangan kepada Dinas Lingkungan Hidup. Pemangkasan berdasarkan hasil pantauan berpotensi membahayakan pengguna jalan,” ungkap Wiredana, Kamis (25/11).

Masyarakat dan pengguna jalan diimbau meningkatkan kewaspadaan saat melintas di jalur rawan longsor dan memperhatikan rambu-rambu rawan bencana. “Imbauan ini telah disampaikan ke seluruh pimpinan OPD dan camat,” kata pejabat asal Desa Tamanbali Kecamatan Bangli ini. Para camat diharapkan meneruskan ke desa dan dilanjutkan kembali ke masyarakat. Wiredana mengatakan sudah siap dengan fasilitas. “Kami juga sudah memasang rambu di lokasi rawan bencana,” jelas Wiredana. *esa

Komentar