nusabali

Cuaca Ekstrem, Polres Gianyar Siapkan Posko Bencana Alam di Tegalallang dan Masceti Gianyar

  • www.nusabali.com-cuaca-ekstrem-polres-gianyar-siapkan-posko-bencana-alam-di-tegalallang-dan-masceti-gianyar

GIANYAR, NusaBali.com – Hujan deras belakangan mengguyur Kabupaten Gianyar. Hal tersebut menyebabkan terjadinya beberapa bencana alam seperti air meluap, banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

Guna mempercepat penanganan bencana tersebut, Polres Gianyar menggelar apel siaga kebencanaan yang melibatkan stakeholder terkait seperti PMI, BPBD, Damkar dan TNI yang ada di wilayah Kabupaten Gianyar.

“Apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel serta alat-alat perlengkapan kebencanaan,” ujar Waka Polres Gianyar, Kompol I Nyoman Wirajaya, Rabu (24/11/2021).

Lebih lanjut Kompol I Nyoman Wirajaya mengatakan bahwa kegiatan apel yang terlaksana juga bertujuan untuk memastikan para personel terkait dapat secara sigap menuju TKP kejadian bencana alam, dan melakukan evakuasi serta upaya-upaya yang diperlukan.

“Apabila ada terjadi bencana alam, personel wajib datang ke TKP terlebih dahulu. Nanti untuk penanganan berkoordinasi dengan petugas yang terlibat di lapangan,” ungkapnya.


Selain melaksanakan kegiatan apel, Polres Gianyar juga telah membangun dua buah posko siaga kebencanaan alam di wilayah Kabupaten Gianyar. Salah satu posko terdapat di wilayah Tegallalang, dan satu posko lainnya berada di Masceti. “Kami bangun pos di sana karena dianggap rawan terjadi bencana alam, terutama saat cuaca ekstrem seperti ini,” tambah Kompol I Nyoman Wirajaya.

Lebih jauh Kompol I Nyoman Wirajaya menyatakan bahwa intensitas bencana alam pada tahun 2021, lebih rendah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. “Walaupun demikian, masyarakat harus tetap waspada dan berhati-hati saat beraktivitas terutama di saat hujan deras. Jika terdapat suatu bencana alam, langsung laporkan ke pihak berwajib, atau pihak berwenang lainnya,” tutupnya. *rma

Komentar