nusabali

Tol Pakai Sistem Non Tunai Nirsentuh

Berlaku Mulai 2022

  • www.nusabali.com-tol-pakai-sistem-non-tunai-nirsentuh

JAKARTA, NusaBali
Kementerian PUPR menyatakan penerapan Sistem Transaksi Tol Non Tunai Nirsentuh Berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) bakal mulai berlaku pada akhir 2022.

Nantinya bakal ada 40 ruas tol di Pulau Jawa dan Bali yang akan mengadopsi teknologi MLFF. "Sistem ini (MLFF) ditargetkan siap diterapkan pada akhir tahun 2022 di 40 ruas tol di Pulau Jawa dan Bali," jelasnya lewat akun Instagram @kemenpupr, seperti dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (23/11)

Menurut PUPR, sistem MLFF merupakan inovasi sistem pembayaran nontunai nirsentuh yang menciptakan efisiensi, efektivitas, keamanan, serta kenyamanan dalam melakukan transaksi pembayaran jalan tol.

MLFF menerapkan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) pada aplikasi khusus jalan tol di smartphone.

Selanjutnya, GPS akan menentukan lokasi yang ditentukan satelit dan dilakukan proses map-matching.Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

"Dengan sistem ini, nantinya pengendara tidak perlu berhenti di gerbang tol, sehingga dapat mempersingkat waktu tempuh," jelas PUPR.

Terpisah, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menyatakan saat ini sedang dibahas soal regulasi, aturan, dan sanksi dalam implementasi sistem MLFF. *

Komentar