nusabali

Bimtek Ketua BPD, Bupati Tamba Minta Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

  • www.nusabali.com-bimtek-ketua-bpd-bupati-tamba-minta-bantu-percepatan-vaksinasi-covid-19

NEGARA, NusaBali
Meski kasus positif Covid-19 telah melandai di Kabupaten Jembrana, Bupati I Nengah Tamba mengharapkan berbagai pihak bahu membahu menangani pandemi tersebut. Termasuk peran dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Bupati Tamba juga minta seluruh BPD bergerak menyukseskan capaian vaksinasi Covid-19. Hal itu disampaikan Bupati Tamba saat membuka bimbingan teknis (bimtek) para ketua BPD se-Kabupaten Jembrana tentang Perencanaan Pembangunan Desa Berkelanjutan yang dilaksanakan di Hotel Grand Inna Kuta, Badung, Selasa (23/11).  Menurut Bupati Tamba, kendati pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jembrana saat ini sudah level 2, namun penanganan Covid-19 tidak boleh surut.

“Sebagian besar desa/kelurahan sudah dalam zona hijau. Namun vaksinasi, masih banyak desa/kelurahan yang capaian vaksinasi masih kurang. Oleh karena itu saya berharap ketua BPD mengajak masyarakat untuk vaksin, sehingga herd immunity (kekebalan kelompok) dapat segera tercapai,” ucap Bupati Tamba.

Selain itu, Bupati Tamba juga menyoroti peranan dari BPD. Menurutnya, kontribusi BPD sangatlah penting dalam menyusun program-program perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa. Apalagi dengan adanya transfer dana desa dari pemerintah pusat. Tentunya dana tersebut diharapkan dapat dikelola dengan baik. “Oleh karena itu, kapasitas BPD harus selalu ditingkatkan. Terutama dalam melakukan pengawasan pengelolaan keuangan desa. Pengelolaan dan penggunaan APBDes, hendaknya didasarkan peraturan/petunjuk pelaksanaan serta sinkronisasi kebijakan pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten, dan menyesuaikan berdasarkan prioritas penggunaan dana desa,” ujarnya.

Bimtek tersebut digelar atas kerjasama antara Pemkab Jembrana dengan Universitas Ngurah Rai Denpasar.

Rektor Universitas Ngurah Rai Denpasar Ni Putu Tirka Widanti, mengatakan bimtek ini dilaksanakan selama 4 hari sampai dengan Jumat (28/11). Tujuan bimtek adalah meningkatkan kemampuan BPD se-Kabupaten Jembrana dalam melakukan perencanaan hingga pengawasan pembangunan desa yang berkelanjutan.

Narasumber dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KemenDesPDTT), Kepala Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa KemenDesPDTT, Camat Kuta Selatan, dan Ketua BPD Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. *ode

Komentar