nusabali

Rp 4,9 Miliar untuk Tata DTW Pantai Penimbangan

Dilakukan Tahun Depan, Anggaran dari DAK Kemenparekraf

  • www.nusabali.com-rp-49-miliar-untuk-tata-dtw-pantai-penimbangan

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng berencana menata kawasan Pantai Penimbangan.

Penataan salah satu destinasi tempat wisata (DTW) itu akan dilakukan tahun depan. Seluruh anggaran yang diperlukan untuk penataan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun anggaran 2022.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara, ditemui di ruangan kerjanya, Rabu (24/11), mengatakan bantuan pemerintah pusat sudah diputuskan tahun 2022 mendatang. Penataan akan dilakukan dengan pembangunan plaza kuliner, kios penjualan cenderamata, ampiteater, toilet, tourism information centre (TIC), termasuk areal parkir kendaraan.

“DAK fisik yang akan kita terima untuk penataan ini sebesar Rp 4,9 miliar. Nanti seluruh bangunan akan didirikan di lahan pemkab sekitar Pantai Penimbangan seluas 36 are,” kata Dody Sukma.

Dody Sukma yang merangkap jabatan sebagai Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng ini menjelaskan, penataan tersebut dimaksudkan untuk mempercantik wajah DTW. Sehingga sebanyak 16 pedagang yang berjualan di pinggir pantai wilayah Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng akan direlokasi ke bangunan baru itu.

“Rencana ini memang sudah diusulkan sebelumnya. Detail desainnya sedang kami breakdown dan koordinasikan dengan pengurus pedagang termasuk kelian adat dan perbekel untuk dapat mengcover usulan pedagang,” imbuh pejabat asal Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu ini.

Detail desain akan dilakukan penyesuaian luas bangunan plaza. Masing-masing kios plaza akan dibangun seluas 4 meter x 3 meter. Di depan kios juga akan dilengkapi selasar dengan ukuran yang sama, sesuai permintaan pedagang. “Dari desain awal harusnya ruang, kursi, dan meja yang disediakan untuk komunal terbuka untuk semua. Tetapi dari usulan kelompok pedagang minta biar ada selasar di depan kios. Itu juga sudah kami sampaikan ke pusat dan diizinkan untuk disesuaikan,” kata mantan Camat Buleleng ini.

Penataan kawasan DTW Pantai Penimbangan juga akan dilengkapi ampiteater. Bangunan panggung terbuka ini disediakan untuk memfasilitasi komunitas seni, ekonomi kreatif untuk melangsungkan pertunjukan. Selain juga bisa digunakan sebagai tempat latihan para seniman dan musisi Buleleng.

Seluruh tahapan proyek penataan DTW Pantai Penimbangan ini akan dimulai dengan review detail engineering design (DED) pada Januari 2022 mendatang. Proses tersebut diharapkan dapat diselesaikan pada Februari, sehingga segera bisa masuk lelang tender dan paling cepat proyek pembangunan dimulai Mei 2022 mendatang. *k23

Komentar