nusabali

Penyebab Kebakaran Beach Club Karma Kandara Masih Misteri

  • www.nusabali.com-penyebab-kebakaran-beach-club-karma-kandara-masih-misteri

DENPASAR, NusaBali
Kebakaran yang melanda beach club milik Villa Karma Kandara Resort yang berada di Jalan Villa Kandara, Banjar Wijaya Kusuma, Ungasan, Kuta Selatan, Badung pada Sabtu (13/11) pukul 23.30 Wita lalu hingga kini masih menjadi misteri.

Pasalnya, muncul beberapa spekulasi terkait penyebab kebakaran tersebut. Polisi sendiri hingga kini masih melakukan penyelidikan terkait penyebab beach club yang berada di bawah tebing curam sedalam 200 meter itu terbakar. Terkait dugaan kesengajaan dan penyebab lainnya, Kapolsek Kuta Selatan, Kompol I Ketut Sugiarta Yoga enggan berkomentar banyak. “Sampai saat ini kami masih menunggu hasil pemeriksaan dari lab forensic. Setelah ada hasil barulah kami bisa mengambil langkah lebih lanjut,” ujar Kompol Sugiarta.

Seperti diketahui, untuk menangani kebakaran pada restoran seluas 477 meter persegi tersebut tim pemadam kebakaran Badung menggunakan dua unit mobil pemadam. Petugas membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam (sejak pukul 23.30 Wita sampai pukul 05.30 Wita) untuk menjinakkan api. Meskipun pada akhirnya api berhasil dipadamkan namun tidak dapat menyelamatkan bangunan tersebut beserta isinya.

Saksi mengatakan, saat diketahui terjadi kebakaran, api sudah membesar. Seketika saja api dengan cepat menguasai bangunan restoran yang beratapkan alang-alang itu. Api makin sulit dijinakkan karena tidak ada akses masuk mobil pemadam ke lokasi. Tim pemadam harus gelar selang dari atas tebing setinggi 200 meter.

"Tim kami mengalami kesulitan luar biasa dalam mengatasi kebakaran itu. Risiko yang harus dihadapi sangat tinggi. Tim kami harus gelar selang pada tebing curam pada tengah malam. Ditambah lagi restaurant itu tidak memiliki utilitas pemadam kebakaran," ungkap Kepala Dinas Kebakaran Kabupaten Badung, I Wayan Wirya saat itu.

Mantan Camat Kuta Selatan ini sangat menyayangkan pemilik beach club yang tidak menyiapkan akses kendaraan ke lokasi. Selain itu juga tidak mempunyai proteksi aktif, seperti tidak menyiapkan hidran atau pipa tertanam menuju ke lokasi. Akibatnya pada saat mengetahui terjadinya kebakaran tidak ada tindakan awal. Berkat kegigihan tim pemadam kebakaran api tidak menjalar ke bangunan lain dan tidak ada korban jiwa. *pol

Komentar