nusabali

Siswi SMA PGRI Amlapura Juara Lomba Esai

  • www.nusabali.com-siswi-sma-pgri-amlapura-juara-lomba-esai

AMLAPURA, NusaBali
Siswi SMA PGRI Amlapura, Ni Komang Astiti Purnami, meraih juara I lomba menulis esai tingkat nasional 2021 yang diselenggarakan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja.

Lomba digelar secara daring dengan 63 peserta SMA/SMK dan perguruan tinggi. Atas prestasinya, Astiti mendapat sertifikat dan uang pembinaan. Kasek SMA PGRI Amlapura I Ketut Jelantik juga menyerahkan uang pembinaan dan trofi kepada Astiti, Selasa (23/11).

Astiti mendaftar ikut lomba esai secara online. Panitia buka pendaftaran dari tanggal 23 Oktober-4 November 2021. Astiti membuat esai dengan judul Pemanfaatan Portal Rumah Belajar sebagai Mersi (Eliminasi Stres dan Depresi), Guna Menciptakan Siswa Sehati (Sehat Jiwa dan Hati) di Era New Normal. Pengumuman lima besar pada, Sabtu (6/11). Lima besar diberikan kesempatan mempresentasikan hasil karya tulisnya melalui zoom meeting. Pengumuman juara secara online, Jumat (12/11).

Astiti menyampaikan persoalan yang dialami siswa SMA PGRI Amlapura selama belajar daring (dalam jaringan) dan PTM (pembelajaran tatap muka) terbatas. Banyak siswa mengalami gangguan mental dan belum siap belajar tatap muka. “Solusi yang saya berikan, siswa yang mengalami gangguan psikologis, wajib konsultasi ke guru BK, di samping perlunya mendapatkan kesehatan mental,” jelas alumni SMPN 1 Abang ini. Siswi kelahiran 5 Februari 2004 ini mengaku bangga meraih prestasi untuk sekolah.

Guru Pembina, Ni Wayan Sri Ratmini, mengapresiasi pencapaian anak didiknya walau bersaing dengan siswa SMA/SMK dan mahasiswa. Peserta lomba dari Bali dan luar Bali. “Siswi ini merupakan anak cerdas, prestasi akademisnya juga bagus, cepat mengerti saat pembinaan jelang lomba,” ungkap Sri Ratmini. Kasek SMA PGRI Amlapura, I Ketut Jelantik mengatakan, siswa di sekolah swasta secara kualitas tidak kalah dengan sekolah negeri. “Kami memiliki guru pembina yang berkualitas, akan lebih mudah membina siswa berbakat untuk meraih prestasi,” jelas Jelantik. *k16

Komentar