nusabali

Bupati Suwirta Panen Padi Organik

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-panen-padi-organik

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menggelar panen padi organik di lahan Balai Bibit Utama (BBU) Provinsi Bali, di Subak Kusamba, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan Klungkung, Selasa (23/11).

Padi varietas Inpari Nutri Zinc ini disuburkan denagn pupuk hasil olahan sampah Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center, Banjar Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung.

Bupati Suwirta mengatakan panen padi ini menggunakan 100 persen pupuk kompos dari olahan TOSS Center. Kata dia, hasil pertanian ini bagus dan menyehatkan. Dari segi harga jual juga lebih tinggi dari pada hasil pertanian konvensional yang memiliki ketergantungan pada pupuk kimia.

"Dengan hasil yang bagus ini, kita harus maju menggunakan pupuk organik. Biaya produksi juga lebih murah karena pupuknya didapatkan dari TOSS," ujar Bupati Suwirta, didampingi Kepala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida dan Kepal Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungkung I Ketut Suadnyana.

Jelas Bupati, hasil panen ini juga lebih banyak dengan rasa lebih enak, dengan kandungan zinc lebih tinggi untuk mencegah stunting pada anak usia dini.

Kadis Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida mengatakan demplot padi dengan kajian pupuk hasil TOSS tahun 2021 di Subak Kusamba seluas 90,09 ha dengan jumlah anggota 201 orang. Di lahan BBU dikembangkan seluas 22,15 ha dengan 9 penggarap. "Padi organik ini menggunakan varietas Inpari IR Nutri Zinc, dimana varietas ini memiliki kandungan zinc lebih tinggi adalah Inpari IR Nutri Zinc dengan kandungan Zn lebih tinggi dibanding varietas Ciherang yang kandungan rendah," jelas IB Juanida.*wan

Komentar