nusabali

Pabrik Kacang Dua Kelinci Kebakaran

  • www.nusabali.com-pabrik-kacang-dua-kelinci-kebakaran

PATI, NusaBali.com - Pabrik milik PT Dua Kelinci di Jalan Pati-Kudus di Desa Sumberejo, Kecamatan Margorejo, Pati, Jawa Tengah, dilanda kebakaran hebat, Selasa (23/11/2021).

Sebanyak 20 unit mobil pemadam kebakaran gabungan diterjunkan untuk memadamkan si jago merah yang membakar Pabrik Dua Kelinci yang memproduksi makanan kacang garing. Setelah 3,5 jam, api berhasil dipadamkan. 

"Puluhan unit mobil pemadam kebakaran tersebut, mulai dari mobil milik Pemkab Pati, BPBD Pati, Mobil Water Cannon (MWC), PT Nojorono, PT Djarum, PT Kacang Garuda, BPBD Kudus, hingga mobil Damkar PG Trangkil juga ikut dikerahkan," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati Sugiono.

Setelah tim gabungan bersama-sama memadamkan, api bisa dipadamkan pada pukul 13.15 WIB.

Kebakaran yang terjadi pada PT Dua Kelinci tersebut, meliputi tempat produksi, perkantoran dan tempat pengemasan. Untuk bara api yang terdapat di alat oven, kata dia, memang sulit ditembus air, namun untuk api yang membakar pada bagian lain sudah bisa dijinakkan.

Senior Human Resources Development (HRD) PT Dua Kelinci Topan Rudianto menjelaskan bahwa kebakaran terjadi pada Selasa pukul 11.13 WIB. Api diduga berawal dari atas oven, namun sumber penyebab munculnya api belum diketahui.

Karena banyak barang yang mudah terbakar, kata dia, api cepat menjalar ke ruang pengemasan dan kantor. Meskipun demikian, dia memastikan, dari total luas bangunan yang ada di Pabrik Dua Kelinci yang terbakar hanya 10 persennya.

Atas peristiwa tersebut, maka para karyawan untuk sementara waktu akan diliburkan sambil menunggu semua tempat kerjanya tertangani. 

Sementara itu polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran yang melanda kompleks pabrik PT Dua Kelinci di Kabupaten Pati. "Masih diselidiki, Inafis Polres Pati sudah berada di lokasi," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Alqudusy.

Ia menambahkan bahwa tidak seluruh kompleks pabrik PT Dua Kelinci yang terbakar dalam kejadian ini. elain itu, kata dia, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Ia menambahkan proses pemadaman dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran dari sejumlah pemerintah daerah serta perusahaan di wilayah tersebut, termasuk petugas Satpol PP serta TNI/Polri. *ant



Komentar