nusabali

Dinsos Gelontor 80 Ekor Bibit Babi Sasar 8 KUBE

  • www.nusabali.com-dinsos-gelontor-80-ekor-bibit-babi-sasar-8-kube

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 80 ekor bibit babi digelontor Dinas Sosial Buleleng. Puluhan bibit babi itu diberikan kepada 8 Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Kelompok penerima bantuan diharapkan dapat memelihara dan mengembangbiakkan bibit babi tersebut, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok.

Kepala Dinas Sosial Buleleng Putu Kariaman Putra, Minggu (21/11) kemarin mengatakan, bantuan yang diberikan untuk menstimulasi masyarakat lebih produktif. Delapan KUBE yang disasar diantaranya KUBE Desa Lokapaksa, Desa Ringdikit di Kecamatan Seririt, KUBE Desa/Kecamatan Banjar, KUBE Desa Sumberkima, Desa Patas, Desa Tinga-Tinga di Kecamatan Gerokgak dan KUBE Kelurahan Banjar Tegal di Kecamatan Buleleng.

“Bantuan bibit babi ini hanya 8 KUBE, kami menyesuaikan dengan kondisi keuangan daerah. Tetapi tetap mendorong semua desa untuk membentuk KUBE. Tahun depan kami upayakan menambah jumlah bantuannya,” jelas Kariaman.

Menurutnya, bantuan bibit babi ini diberikan kepada KUBE yang sudah terbentuk di desa. Selanjutnya pemerintah desa yang mengajukan usulan kepada Dinsos Buleleng. Kariaman juga mengatakan usulan bantuan yang diajukan disebutnya tak hanya bibit babi. Tetapi boleh mengajukan bibit ternak lain, seperti kambing, unggas, yang disesuaikan dengan potensi di masing-masing desa.

Delapan KUBE yang menerima bantuan tahun ini pun diberikan waktu seminggu untuk mengevaluasi bibit babi yang diterima. KUBE pun dapat mengembalikan bibit babi yang tidak sehat dan akan diganti yang sehat oleh rekanan.

Sementara itu, untuk menjamin bantuan benar-benar bermanfaat dan tepat sasaran, Dinas Sosial juga telah bersinergi dengan pemerintah desa KUBE penerima bantuan. Terutama untuk melakukan monitoring dan evaluasi. Kariaman mengatakan, bantuan yang diberikan bisa saja ditarik dan dialihkan ke KUBE lain, jika bantuan yang diserahkan dengan sengaja dijual kembali setelah diserahterimakan.

“Target bantuan ini bagaimana bibit ternak yang diberikan dapat berkembang dan produksi. Dipelihara bersama oleh anggota KUBE. Sehingga nanti dapat meningkatkan kesejahteraan penerima bantuan,” tegas Kariaman. Pejabat asal Desa Bubunan, Kecamatan Seririt ini juga mengatakan, Dinas Sosial terus berupaya untuk memaksimalkan bantuan kepada masyarakat kurang mampu. Salah satunya melalui program CSR pihak ketiga.

Bantuan KUBE sejenis juga telah digelontorkan kepada KUBE penyandang disabilitas, lansia, mantan napi, waria termasuk Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA). Harapannya pemberdayaan masyarakat melalui bantuan ini dapat membantu mempercepat pengentasan kemiskinan di Buleleng. *k23

Komentar