nusabali

Kring Polri Dukung Bhabinkamtibmas Desa Bona Amankan Perayaan Kuningan di Pura Puseh

  • www.nusabali.com-kring-polri-dukung-bhabinkamtibmas-desa-bona-amankan-perayaan-kuningan-di-pura-puseh

GIANYAR, NusaBali.com – Perayaan Hari Raya Kuningan di Pura Puseh Desa Bona, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar mendapat atensi Polres Gianyar.

Guna mengawasi kegiatan upacara dengan aman dan lancar, Sabtu (20/11/2021), Bhabinkamtibmas Desa Bona Aiptu I Wayan Miasa turun lapangan dengan dibantu personel Kring Polri. 

Adapun wujud atensi yang diberikan oleh Bhabinkamtibmas serta personel Kring Polri Polres Gianyar yakni mengawasi jumlah kerumunan, sosialisasi disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, serta memberikan pelayanan pengamanan penyeberangan jalan bagi para pengunjung pura.

Kelian Adat Desa Bona I Gusti Nyoman Sutrisna menyampaikan bahwa di  Desa Bona pada hari raya Kuningan kali ini juga bertepatan dengan pujawali atau piodalan (peringatan hari jadi) di Pura Puseh setempat, sehingga masyarakat sejak pagi telah berbondong-bondong berdatangan untuk melaksanakan kegiatan persembahyangan di hari baik tersebut. “Warga kami imbau agar memperhatikan tingkat kerumunan,” ungkapnya. 

Dengan adanya Bhabinkamtibmas serta tambahan personel Kring Polri Polres Gianyar, sangat membantu fungsi dan tugas dari pecalang adat dalam mengatur serta mengawasi jalannya kegiatan persembahyangan.  

Dikonfirmasi terpisah Kapolsek Blahbatuh AKP Yoga Widyatmoko mengatakan bahwa personel Polsek Blahbatuh semenjak diterapkannya program Kring Polri Polres Gianyar telah secara aktif membantu tugas dari Bhabinkamtibmas yang ada di wilayah hukum Polsek Blahbatuh. “Tidak hanya pengamanan pada saat hari raya saja, melainkan juga sebelumnya telah melakukan pengamanan vaksinasi, dan sosialisasi prokes di pasar tradisional yang ada di sekitar Kecamatan Blahbatuh,” jelasnya.

AKP Yoga Widyatmoko menambahkan kegiatan Kring Polri Polres Gianyar yang dilaksanakan, sama sekali tidak mengganggu jam dinas para personel dengan harapan dapat meningkatkan komunikasi antara Polri dan Masyarakat serta menumbuhkan kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan sehingga tercipta situasi Kamtibmas yang kondusif. “Kring Polri Polres Gianyar sebagai salah satu wujud pelayanan yang nyata untuk masyarakat,” tutupnya.

Perlu diketahui, program King Polri merupakan program baru yang dicetuskan oleh Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana dengan menambah personel kepolisian, untuk membantu tugas Bhabinkamtibmas dalam menjaga keamanan serta ketertiban di setiap masyarakat desa yang ada di Kabupaten Gianyar. Dalam pelaksanaannya program Kring Polri pun menugaskan personel kepolisian yang sedang di luar jam dinas, untuk membantu tugas dari Bhabinkamtibmas yang bersangkutan. *rma

Komentar