nusabali

12.014 Warga Terdampak PPKM Dibantu Sembako

  • www.nusabali.com-12014-warga-terdampak-ppkm-dibantu-sembako

AMLAPURA, NusaBali
12.014 warga kurang mampu terdampak PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) selama pandemi Covid-19, mendapatkan bantuan paket sembako dari Kementerian Sosial RI.

Untuk mendapatkan bantuan ini, setiap warga terlebih dahulu mendapatkan kartu keluarga sejahtera (KKS) yang mulai dibagikan oleh Koordinator Daerah BSP (Bantuan Sosial Pangan) Karangasem Ni Luh Sriasih.

"Data itu dari Kementerian Sosial. Kami hanya membantu membagikan kartu KKS, selanjutnya bantuan diambil warga di e-warung terdekat," jelas Kadis Sosial Karangasem I Komang Daging, dihubungi di ruang kerjanya, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Kamis (18/11).

Jelas dia, 12.014 warga penerima bantuan paket sembako itu tersebar di 78 desa/kelurahan, dengan jumlah penerima per desa beragam sesuai kriteria. Bantuan ini untuk meringankan beban sosial para warga terdampak Covid-19.

Di bagian lain, Sriasih membenarkan, tengah membagikan kartu KKS, untuk warga penerima bantuan terdampak PPKM. Disebutkan, warga penerima bantuan telah dialokasikan bantuan sejak Juli 2021, tetapi kartu KKS baru datang dan tengah dibagikan. "Bantuan telah dialokasikan sejak Juli di rekening warga, berupa satu paket sembako nilai Rp 200.000, per bulan," jelas, alumnus Universitas Terbuka Denpasar 2021, kelahiran 2 April 1989.

Setiap warga penerima bantuan, papar pegiat sosial dari Banjar Telun Wayah Duuran, Desa Tri Eka Buana, Kecamatan Sidemen, Karangasem ini, dibuatkan rekening di BRI. Selanjutnya sembako bisa diambil di e-warung yang telah ditunjuk BRI setempat. Mengingat bantuan telah dialokasikan sejak Juli, maka bantuan nantinya bisa dirapel mulai Juli - November 2021. Barang-barang yang hendak diambil di e-warung telah ditentukan harganya, tidak boleh kurang dari nominal yang ditentukan mengambil barang, juga tidak boleh lebih dari nilai bantuan tersebut.

Tegas dia, bantuan mesti diambil warga bersangkutan yang memiliki kartu KKS. Apabila penerima bantuan meninggal dunia, KKS bisa diwariskan kalau memiliki pewaris, jika tanpa ahli waris, maka bantuan dikembalikan.

Perbekel Duda, Kecamatan Selat, I Gust Agung Ngurah Putra membenarkan sebanyak 127 warga kurang mampu dapat bantuan terdampak PPKM. "Warga kami telah mengurus rekening di BRI, tetapi belum dapat kartu KKS," jelas Ngurah Putra.

Sedangkan Perbekel Bebandem, Kecamatan Bebandem I Gede Partadana mengaku warganya telah dapat kartu KKS sebanyak 198 kartu, dan siap menerima bantuan paket sembako. "Warga kami telah terima kartu KKS, tinggal mengambil bantuannya di e-warung," kata Partadana.

12.014 warga penerima bantuan paket sembako tersebar di delapan kecamatan yakni, Kecamatan Manggis 829 warga, Kecamatan Rendang 608 warga, Kecamatan Selat 981 warga, Kecamatan Bebandem 1.331 warga, Kecamatan Karangasem 2.123 warga, Kecamatan Kubu 2.307 warga, dan Kecamatan Abang 2.732 warga. *k16

Komentar