nusabali

Puan Sampaikan Pesan Khusus ke Panglima TNI

  • www.nusabali.com-puan-sampaikan-pesan-khusus-ke-panglima-tni

JAKARTA, NusaBali
Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri serah terima jabatan (Sertijab) Panglima TNI dari Marsekal Hadi Tjahjanto ke Jenderal Andika Perkasa di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (18/11).

Puan berharap, pergantian pimpinan di tubuh TNI tetap membuat TNI dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya menjaga kedaulatan NKRI dengan lebih baik lagi.

Puan juga berharap Jenderal Andika melanjutkan tugas-tugas yang sudah dimulai dan dilaksanakan Marsekal Hadi secara profesional. Tak ketinggalan Puan menyampaikan pesan khusus kepada Jenderal Andika, terutama mengenai pandemi Covid-19.

“TNI sebagai salah satu elemen bangsa yang bertugas dalam penanganan pandemi Covid-19, secara khusus saya meminta agar TNI menjadi garda terdepan program vaksinasi di daerah-daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal),” ujar Puan.

Puan pun meminta TNI terus membantu dalam pengawasan serta penegakan disiplin protokol kesehatan.

Apalagi dilaporkan ada sebanyak 17 ribu orang positif Covid-19 bebas beraktivitas di fasilitas publik seperti mal berdasarkan pantauan aplikasi PeduliLindungi. Peran TNI sangat diperlukan untuk membantu pemerintah mengingatkan agar masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, walaupun kondisi pandemi Covid-19 sudah lebih baik.

Kesadaran masyarakat dinilai penting, terutama jelang masa libur Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Hal ini perlu dilakukan agar Indonesia tidak mengalami gelombang ketiga Covid-19. Untuk itu, sosialisasi yang masif serta penegakan aturan harus diutamakan.

Terlebih pemerintah sudah mengumumkan akan menerapkan kebijakan PPKM level 3 di seluruh wilayah Indonesia selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2022. “Mari semua elemen bangsa bekerja sama mengingatkan masyarakat agar mematuhi ketentuan tersebut,” ucap politisi PDIP ini.

TNI bersama instansi lain seperti Polri, lanjut Puan, dapat mengawal kebijakan ini untuk memastikan masyarakat tetap mengikuti petunjuk protokol kesehatan dari pemerintah. Menurut Puan, kepatuhan protokol kesehatan akan menjadi modal bagi Indonesia keluar dari pandemi Covid-19.

Dia mengingatkan, jangan sampai Indonesia seperti negara lain di Eropa, China serta sejumlah negara bagian Amerika Serikat yang kini kembali mengalami lonjakan kasus Corona. Hindari dulu berpesta dan berkerumun saat libur akhir tahun. Sebisa mungkin tidak bepergian ketika liburan. “Jangan sampai, Indonesia kembali mengalami kesulitan menghadapi Covid-19 seperti yang telah kita rasakan betapa sulitnya pada pertengahan tahun lalu,” tegas Puan. *k22

Komentar