nusabali

Bupati Giri Prasta Buka Raker Pengurus PHDI Badung

Ajak Semua Pihak Jaga Persatuan Umat Hindu

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-buka-raker-pengurus-phdi-badung

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta membuka rapat kerja (raker) Pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Badung masa bhakti 2021-2026 di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung, Rabu (17/11).

Bupati Giri Prasta berharap, PHDI sebagai lembaga yang bertugas memberikan penyuluhan dan penerangan kepada Umat Hindu, harus mampu memberikan solusi-solusi yang akan diimplementasikan oleh masyarakat dalam menjalankan kewajiban sebagai Umat Hindu Dharma berdasarkan sastra yang ada.

“Kami meyakini agama itu bukan hafalan. Namun agama itu adalah implementasi. Untuk itu, selaku pemerintah Kabupaten Badung kami memberikan apresiasi atas terselenggaranya raker pengurus PHDI Kabupaten Badung,” ujar Bupati Giri Prasta dalam sambutannya.

Menyikapi fenomena yang berkembang saat ini, yakni terkait adanya dualisme PHDI, Bupati Giri Prasta mengajak krama Hindu tetap solid menjaga persatuan dan kesatuan. Jangan sampai masalah ini, kata Giri Prasta, terus menjadi blunder di lapangan, sehingga akan membuat Umat Sedharma mempunyai pemikiran yang tidak-tidak.

“Kita kembalikan pada ketentuan hukum yang berlaku di NKRI. Kita akan berbicara tentang legalitas mana yang sah, itu yang kita jalankan. Kalau nanti mau diganti dan sebagainya, itu sudah ada mekanisme yang harus dilakukan,” kata Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini.

Di sisi lain, Bupati Giri Prasta juga menginginkan PHDI Badung ada sampai di tingkat desa/kelurahan, karena pihaknya membutuhkan Dharma Duta yang mampu memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada krama Hindu berkenaan dengan upacara dan upakara yang meliputi Dewa Yadnya, Manusia Yadnya, Rsi Yadnya, Pitra Yadnya maupun Bhuta Yadnya. Bupati Giri Prasta meyakini, dengan penyuluhan dan pemahaman, sehingga umat paham dengan apa yang dibutuhkan dalam setiap yadnya yang digelar, uparengganya apa dan sarananya apa disertai penjelasannya. “Ini yang harus kita lakukan, kalau kita ingin dekat dengan Hyang Widhi Wasa, maka laksanakan upacara yadnya,” katanya.

Raker pengurus PHDI juga turut dihadiri Sulinggih PHDI Kabupaten Badung, Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Badung, Widyasaba Kabupaten Badung, Listibya Kabupaten Badung, Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kabupaten Badung, Pinandita Sanggraha Nusantara Badung, Paiketan Lansia Badung, dan Jajaran Pengurus PHDI Badung.

Ketua Harian PHDI Badung Gede Rudia Adiputra, mengatakan raker PHDI Kabupaten Badung dilaksanakan dalam rangka menyongsong seluruh program kerja Pemkab Badung, sekaligus untuk memperkenalkan pengurus baru masa bakti 2021-2026 kepada Bupati Badung. Di samping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan tupoksi kepada masing-masing pengurus baru.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati Badung beserta jajarannya, berkat bantuan beliau acaranya ini bisa terlaksana sebagaimana mestinya,” kata Rudia Adiputra. *ind

Komentar