nusabali

PD Swatantra Raup Rp 5 Miliar dari Usaha Sewa Mobil

  • www.nusabali.com-pd-swatantra-raup-rp-5-miliar-dari-usaha-sewa-mobil

SINGARAJA, NusaBali
Unit usaha sewa kendaraan Perusahaan Daerah (PD) Swatantra Buleleng kian sukses.

Usaha yang dirintis sejak tahun 2013, di tahun 2021 ini tercatat mengumpulkan pendapatan bersih Rp 5,5 miliar lebih dari 76 unit kendaraan yang telah menjadi aset.

Dirut PD Swatantra I Gede Bobby Suryanto, Selasa (16/11) kemarin mengatakan, usaha sewa kendaraan pada instansi pemerintahan cukup menguntungkan. Bahkan jumlah kendaraan yang dimiliki saat ini sebanyak 76 unit, terdiri dari kendaraan Innova dan Avanza yang dipakai oleh pejabat di lingkup Pemkab Buleleng.

“Tahun ini dari 76 unit jumlah kendaraan kami yang disewakan 70 unit, sisanya dua unit untuk operasional direksi dan mobil cadangan,” jelas Boby. Puluhan kendaraan tersebut pengadaannya sebelumnya melalui sistem leasing dibantu bank daerah. Seluruh kredit pengadaan mobil tersebut juga akan terbayar lunas tahun depan.

Kredit itu disebut Boby untuk membiayai pembelian kendaraan baru, usai lelang kendaraan lama pada tahun 2019 lalu. “Utang kami ada dua yakni yang Rp 1,25 miliar lunas bulan Juni 2022, satu lagi Rp 6 miliar lunas bulan September 2022. Bulan ini juga ada 3 unit kendaraan yang di leasing angsurannya lunas bulan ini (November,red). Sehingga tahun depan sisa satu unit kendaraan pengadaan baru untuk dirut RSUD,” jelasnya.

Pertumbuhan unit usaha sewa kendaraan, menurutnya sangat signifikan. Bahkan keuntungan yang diraup perusahaan daerah ini mengalahkan unit usaha awal berupa pengelolaan kebun milik pemerintah daerah, yang saat ini juga tengah dibenahi sistem pengelolaannya.

Sementara itu, rencana di tahun 2022, PD Swatantra belum mengagendakan penambahan kendaraan. “Kami masih melihat situasi. Penambahan kendaraan tergantung kebutuhan. Kalau ada yang meminta tentu kami akan tambah terus untuk peningkatan pendapatan,” jelas Boby.*k23

Komentar