nusabali

Bupati Giri Prasta Optimistis Target PAD Tercapai

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-optimistis-target-pad-tercapai

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta optimistis pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2021 akan mencapai target, meski hanya menyisakan dua bulan lagi.

Penegasan itu disampaikan langsung bupati usai menghadiri Sidang Paripurna di DPRD Badung, Selasa (16/11). “Kami tetap optimis PAD dapat tercapai, karena batasnya sampai tanggal 30 Desember 2021 pukul 24.00 Wita,” ujar Bupati Giri Prasta.

Mengenai sorotan Badan Pengawas Keuangan (BPK) RI lantaran PAD yang dipasang pada tahun-tahun sebelumnya tidak tercapai, bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang, itu menjelaskan beberapa upaya telah dilakukan, seperti memaksimalkan pendapatan dari sektor pajak. Namun, agar tidak menjadi sorotan kembali dirinya mengakui PAD dalam APBD 2022 akan diturunkan.

“Kami ingin sampaikan, selama ini pendapatan Badung 80 persen dari PHR, sehingga pendapatan Badung berbeda dengan daerah lainnya. Kami sudah melaksanakan penurunan terhadap pendapatan itu. Kami berharap dapat tercapai dengan memaksimalkan sektor pajak,” kata Ketua DPC PDIP Badung ini.

Upaya lainnya untuk meningkatkan PAD, lanjut Bupati Giri Prasta, melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat, sehingga Pemkab Badung juga mendapatkan bantuan. “Kami menyelenggarakan beberapa kegiatan, seperti pemilihan Duta Pariwisata di Badung, tujuannya untuk memberikan motivasi agar pendapatan dari sektor pajak meningkat,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam rapat kerja yang membahas tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2022 antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Badung dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Senin (15/11), terungkap PAD sampai Oktober 2021 baru mencapai Rp 1,3 triliun. Padahal target yang dipasang sampai akhir Desember 2021 mencapai Rp 1,9 triliun.

Sekretaris Daerah (Sekda) Badung yang juga Ketua TAPD Badung, I Wayan Adi Arnawa, dalam rapat tersebut mengatakan posisi PAD Badung sampai Oktober 2021 tercapai Rp 1,3 triliun. Dengan sisa waktu dua bulan, sampai Desember diprediksi PAD hanya akan bertambah Rp 269 miliar, sehingga PAD tahun 2021 diperkirakan hanya sebesar Rp 1,6 triliun. *ind

Komentar