nusabali

Baru Diluncurkan, All New Xenia Pasang Target Tinggi

  • www.nusabali.com-baru-diluncurkan-all-new-xenia-pasang-target-tinggi

MANGUPURA, NusaBali.com - Tiga hari setelah diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Daihatsu All New Xenia sudah mendarat di Pulau Dewata dan diperkenalkan pada Minggu (13/11/2021).

Target penjualan tinggi pun langsung digaungkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Jika secara nasional dipatok  All New Xenia bisa terjual 2.000 hingga 2.500 unit per bulan, maka untuk Bali ditargetkan di angka 60 unit per bulan.

“Kami menargetkan bisa menjual 60 unit per bulan. Khusus selama periode launching dan pameran di Mal Bali Galeria hingga 21 November, kami menargetkan 40 unit,” kata Arief Budianto, Kepala Cabang Daihatsu Denpasar-Cokro, Gianyar dan Tabanan.

Dengan target di angka 60 unit per bulan, maka All New Xenia ini menjadi backbone bagi penjualan Daihatsu di Pulau Dewata. Pasalnya selama masa pandemi, geliat penjulan kendaraan roda empat di Bali hanya di kisaran 500 unit per bulan. 

Angka ini baru terdongkrak di kisaran 700 unit per bulan pasca diberlakukannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-20/PMK.010/2021 yang mengatur perluasan diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) per 1 April 2021.  

Namun angka penjualan di Bali memang masih jauh dari sebelum pandemi yang bisa menembus 2.000 unit per bulan. “Penurunan penjualan kendaraan roda empat di Bali pada masa pandemi mencapai 70-80 persen,” ungkap Arief.

Daihatsu sendiri menjual kisaran 70 unit per bulan selama masa pandemi. Dan sejak Oktober, saat perekonomian dan level PPKM diturunkan, penjualan berhasil   menembus tiga digit di kisaran 100an unit. “Ya di masa pandemi naik 30 persen,” kata Arief.

Kini dengan hadirnya All New Xenia, optimisme ditebarkan Daihatsu yang memasang target penjualan 130 unit mobil per bulan dengan Xenia hampir setengahnya. Xenia sendiri cukup legendaris sebagai mobil keluarga karena sejak diluncurkan tahun 2004, sudah ada 860 ribu unit Xenia yang mengaspal di jalan raya. “Tahun 2022 bakal tembus 1 juta unit,” tambah Kepala Cabang Astra Daihatsu Sanur, Luh Putu Citra Pertiwi.

Hadirnya All New Xenia sendiri dianggap mumpuni sebagai senjata Daihatsu meraih konsumen. Mobil segmen low multi purpose vehicle (LMPV) ini mengubah total penampilannya sehigga memberi warna baru dibandingkan Xenia generasi lama. 

Sebut saja hadirnya teknologi canggih yang dapat mendukung kenyamanan berkemudi DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Di bagian eksterior, body All New Xenia bergaya baru mengusung bodi kompak. Sedangkan di bagian interior, kabin dibuat lapang karena jok belakang bisa diatur fleksibel berkat hadirnya pengaturan kursi dan rel sliding jok yang panjang.

All New Xenia ini hadir dengan dua pilihan mesin yang berbeda, yakni mesin 1.3L dan 1.5L berteknologi NR-VE Dual VVT-i, serta transmisi CVT yang dapat meningkatkan rasa berkendara yang lebih responsif. Daihatsu juga sudah menyematkan berbagai fitur keselamatan yang canggih di dalamnya, seperti Daihatsu A.S.A (Advanced Safety Assist). *mao

Komentar