nusabali

Minikino Jadi Global Partner VRDays Europe

Sajikan Film-Film Virtual Reality dan Diskusi Panel

  • www.nusabali.com-minikino-jadi-global-partner-vrdays-europe

DENPASAR, NusaBali.com - Organisasi dari Bali yang dikenal concern dengan dunia perfilman, Minikino, didapuk menjadi Global Partner untuk VRDays Europe yang diadakan 13-17 November 2021.

VRDays Europe merupakan festival Virtual and Augmented Reality yang terselenggara secara fisik di Perpustakaan Publik Oosterdok, Amsterdam, dan dibarengi dengan penyelenggaraan secara online melalui Laval Virtual World, di mana seluruh event dengan Global Partner akan terselenggara.

Khusus penyelenggaraan di Bali, tim kerja Minikino akan menyajikan film-film VR (Virtual Reality) antara lain, ‘Myriad’ (produksi Miiqo Studios, 2021), ‘Symphony’ (produksi ‘la Caixa’ Foundation, ditulis dan disutradarai oleh Igor Cortadellas, Spanyol, 2020), dan ‘Narcissus and Echo’ (produksi kolaborasi Veejays.com dan House of Makers, Belanda, 2021).

Selain nonton film, rencananya juga akan digelar diskusi panel dengan tema ‘What’s Up VR in Indonesia’ secara daring pada Rabu (24/11/2021) pukul 18.00 Wita dan bisa disaksikan terbuka melalui minikino.org/live. Tema diskusi seputar percakapan antara para kreator dan seorang produser VR tentang pengalaman membuat VR sinematik di Indonesia, bersama Aaron Wilson (sutradara/penulis), Annisa Adjam (produser), Jonathan Hagard (sutradara/animator/illustrator).

“Ini kali pertama Minikino menjadi Global Partner untuk VRDays Europe. Setelah September 2021 lalu menghadirkan VR Film ‘Penggantian’ karya Jonathan Hagard di Minikino Film Week 7 Bali International Short Film Festival,” ujar Fransiska Prihadi, Direktur Program Minikino, Senin (15/11/2021).

Dikatakannya, Myriad merupakan film 360° 3D Documentary untuk menangkap kisah salah satu program reintroduksi paling spektakuler di Eropa, reintroduksi burung ibis botak yang dipimpin oleh manusia. Dengan menggunakan pesawat ultralight, manusia memandu ibis botak di atas Pegunungan Alpen, mendorong mereka untuk mengadopsi kembali pola migrasi historis.

Penonton diajak mengikuti burung-burung dalam perjalanan yang mencekam, mencengangkan dan emosional, belajar tentang karakteristik khusus dan rute migrasi hewan, faktor-faktor yang mempengaruhi penerbangan mereka, dan tantangan yang harus mereka atasi dalam perjalanan.

Sementara, Symphony memberikan pengalaman audiovisual imersif yang membawa emosi penonton larut dalam petualangan melalui musik. Penonton akan mengalami dan benar-benar memahami musik klasik dari sudut pandang yang belum pernah ada sebelumnya, memasuki interior instrumen atau merasa terlibat dalam orkestra sembari menikmati komposisi Beethoven, Mahler, dan Bernstein yang dibawakan oleh konduktor ternama Gustavo Dudamel dan Mahler Chamber Orchestra yang bergengsi.

Di Belanda, sekelompok artis menggunakan VR untuk menciptakan pertunjukan balet untuk penonton dengan jumlah kecil yang tetap interaktif dan juga anti-Covid. Karya Narcissus and Echo merupakan kisah tarian virtual yang emosional tentang kesendirian dan koneksi manusia. Pertunjukan karya ini pertama kali dibuka untuk dunia bulan Juni 2021 lalu di Amsterdam dan dipertunjukkan di berbagai kota lainnya. Walaupun dikembangkan untuk memberi pengalaman interaktif, kreatornya, Hidde Kross untuk pertama kalinya mencoba menampilkan versi yang lebih pendek sebagai adaptasi linear, khusus untuk pemutaran Minikino di Bali.

Fransiska menuturkan, Minikino merupakan satu-satunya mitra dari Asia Tenggara. Ia mengatakan, VRDays Europe sendiri juga bermitra dengan institusi, organisasi, dan platform yang turut bergerak di dunia XR (Extended Reality) dari berbagai belahan dunia.

“Kami masih terbilang baru dalam kegiatan VR dan akan terus mengembangkan serta berintegrasi dalam aktifitas-aktifitas semacam ini,” ujar Fransiska.

Informasi selengkapnya mengenai kegiatan VRDays Europe bersama Minikino dapat dilihat melalui website https://minikino.org/minikino-x-vrdays-europe/. Sementara informasi selengkapnya untuk VRDays Europe secara keseluruhan dapat mengunjungi website https://vrdays.co/. *adi

Komentar