nusabali

ITDC Lantik Covid Alert Team

  • www.nusabali.com-itdc-lantik-covid-alert-team

MANGUPURA, NusaBali
Memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November 2021, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), bekerja sama dengan One Health Collaboration Center (OHCC) Udayana menggelar evaluasi internal Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE).

Acara rersebut juga dirangkai dengan pelantikan Covid Alert Team (CAT) atau tim waspada covid di Wantilan ITDC Kawasan The Nusa Dua, Jumat (12/11).

Evaluasi CHSE dan pelantikan ini merupakan rangkaian dari program CAT yang telah dilaksanakan sebelumnya, meliputi pembentukan CAT, pelatihan, serta pendampingan pelaksanaan kegiatan di masing-masing hotel peserta program CAT. Program CAT sendiri merupakan inovasi baru dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di lingkungan hotel melalui penyediaan panduan dan tata laksana pencegahan Covid-19 yang mudah diaplikasikan dan diterapkan di lingkungan hotel. Lima hotel yang mengikuti program CAT, meliputi Nusa Dua Beach Hotel and Spa Bali, The Westin Resort Nusa Dua Bali, Grand Hyatt Bali, Mercure Nusa Dua, dan Courtyard by Marriot Bali Nusa Dua Resort.

Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, mengatakan kegiatan evaluasi internal CHSE dan pembentukan menjadi spesial karena dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional dan Ulang Tahun ITDC ke-48. “Kegiatan hari ini juga bagian dari program CAT yang merupakan kolaborasi kami dengan OHCC Udayana dalam upaya memitigasi penyebaran Covid-19 di Kawasan The Nusa Dua. Kami berharap hal-hal yang sudah didapatkan dalam program CAT ini dapat diimplementasikan, sehingga upaya mitigasi yang telah kita lakukan ini dapat menumbuhkan kepercayaan bagi wisatawan yang akan beraktivitas di The Nusa Dua,” katanya.

Koordinator Kajian Pusat OHCC Udayana Dr dr Ni Nyoman Sri Budayanti, Sp MK(K) menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung terlaksananya program CAT ini baik di The Nusa Dua maupun Sanur yang merupakan green zone destination di Bali. “Kami berharap program ini dapat menjadi suatu ikatan antara pariwisata dan kesehatan dalam memitigasi Covid-19, serta program ini dapat memberikan nilai tambah bagi hotel dan siap untuk menyambut pembukaan pariwisata Bali,” ujarnya.

Sementara, Representative WHO Indonesia dr Mustofa Kamal, menyampaikan dukungannya atas segala kegiatan dan upaya dalam memitigasi Covid-19, terutama untuk program Bali Bangkit. “Bali kami jadikan sebagai percontohan dengan pengendalian Covid-19 yang baik, di mana Bali sudah mampu mencapai indikator yang baik dari sisi surveilans epidemiologi serta program vaksinasi dalam upaya pemulihan ekonomi,” katanya.

“Program CAT ini telah sampai informasinya ke WHO regional dan kami akan mempromosikan secara lebih luas, bahwa Bali aman untuk dikunjungi dengan sistem pengendalian Covid-19 yang baik,” kata dr Mustofa Kamal. *dar

Komentar