nusabali

Waspadai La Nina, Dandim Tabanan Minta Danramil dan Babinsa Pantau Wilayah

  • www.nusabali.com-waspadai-la-nina-dandim-tabanan-minta-danramil-dan-babinsa-pantau-wilayah

TABANAN, NusaBali
Memasuki musim hujan dan mewaspadai fenomena La Nina, Dandim 1619 Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto menekankan kepada para Danramil dan personel Babinsa agar mewaspadai wilayahnya masing-masing.

Personel diminta mengimbau masyarakat agar mereka selalu waspada. Dandim Letkol Adianto berpesan agar para Babinsa yang diawasi oleh Danramil memantau wilayahnya dan mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana alam seperti tanah longsor, angin kencang disertai hujan deras hingga banjir. “Babinsa harus sigap mewaspadai fenomena La Nina ini agar korban jiwa maupun kerugian material dapat diminimalisir,” tegasnya, Sabtu (13/11).

Para Danramil dan Babinsa bersama dengan instansi terkait baik itu BPBD, kepolisian maupun aparat di kecamatan dan desa agar bersama-sama turun ke lapangan apabila terjadi bencana di wilayahnya, untuk melakukan upaya yang diperlukan guna mengatasi akibat bencana alam.

Dandim Letkol Adianto juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat Tabanan untuk selalu waspada menghadapi musim hujan seperti saat ini, agar lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya, membuang sampah pada tempatnya, rajin membersihkan saluran air. “Hindari mendirikan tempat tinggal di pinggir sungai atau lereng, serta turut mencegah terjadinya bencana alam dengan mengikuti anjuran pemerintah dalam penanggulangan bencana,” pesannya.

Menindaklanjuti arahan Dandim, Babinsa Desa Angseri Serma I Ketut Kusumaarta bersama dengan BPBD, kepolisian, aparat di wilayah serta masyarakat sudah melakukan upaya pembersihan jalan yang tertutup rumpun bambu yang longsor.

Menurut Serma Kusumaarta, hujan deras yang terjadi pada Jumat (12/11) mengakibatkan terjadinya pohon bambu longsor ke jalan Banjar Tegeh – Desa Angseri sehingga mengganggu akses transportasi warga di wilayah tersebut. “Kami bersama pihak terkait gelar gotong royong. Akses jalan sekarang sudah normal dan dapat dilalui kendaraan,” kata Serma Kusumaarta. *des

Komentar