nusabali

Hemat Energi, Listrik di RSU Bangli Pakai Panel Surya

  • www.nusabali.com-hemat-energi-listrik-di-rsu-bangli-pakai-panel-surya

BANGLI, NusaBali
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta bersama Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar membahas pengembangan panel surya dengan PT Solarian Energi Alam di RSU Bangli, (12/11).

Panel surya ditempatkan di atas atap gedung IA dan gedung IB. Penggunaan panel surya untuk menghemat biaya operasional listrik di rumah sakit. Bupati punya komitmen membangun green building dengan menggunakan energi baru terbarukan.

Bupati Sedana Arta menjelaskan, pembangunan panel surya melibatkan pihak ketiga. “Pemkab Bangli tidak mengeluarkan anggaran. Pembangunan dikerjakan oleh pihak ketiga,” ungkap Bupati Sedana Arta. Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini menyebutkan listrik yang dihasilkan bisa dimanfaatkan sendiri. Jika lebih bisa diexport ke PLN. Saat ini sedang proses pengurusan dokumen kerja sama.

Bupati Sedana Arta juga merencanakan pemasangan panel surya di gedung DPRD dan gedung Bukti Mukti Bhakti (BMB). “Mudah-mudahan bisa terpasang semua. Harapan kami Januari sudah terpasang,” kata politisi PDIP Bangli ini. Terpisah, Kabag Humas Protokol, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Setda Bangli, Putu Maha Edi mengatakan, pemanfaatan panel surya sebagai bentuk implementasi dari Pergub Bali Nomor 45 tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih. Selain ramah lingkungan, panel surya bisa menghemat anggaran. *esa

Komentar