nusabali

Anggota Polsek Kubu Bersihkan Sampah Banjir

  • www.nusabali.com-anggota-polsek-kubu-bersihkan-sampah-banjir

AMLAPURA, NusaBali
Anggota Polsek Kubu, Karangasem bersama warga melakukan bersih-bersih sampah yang menutupi sebagian badan jalan di depan Pasar Rubaya, Banjar Beluhu Kangin, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem, Jumat (12/11).

Sampah-sampah itu dihanyutkan banjir. Sehari sebelumnya, air Sungai Wates yang berhulu di Gunung Agung meluap. Aliran Sungai Wates memotong Jalan Raya Amlapura-Singaraja, tepatnya di Banjar Beluhu Kangin, selanjutnya air mengalir ke laut.

Air sungai yang meluap membawa sampah, pasir, kerikil, dan batu. Sampah ini menumpuk di jalan raya sehingga menyulitkan pengendara. Kapolsek Kubu AKP I Nengah Sona memimpin aksi bersih-bersih sampah yang terbawa banjir di Banjar Beluhu Kangin. “Jangan sampai sampah yang menutupi jalan raya menyebabkan kecelakaan lalulintas. Kami bersama anggota mengajak masyarakat bersih-bersih,” ungkap AKP Sona. Material yang menutupi jalan raya didorong dengan sekop dan sapu ke Sungai Wates. “Material pasir dan kerikil rentan menyebabkan kecelakaan lalulintas,” jelas perwira pertama dari Banjar Tukad Tiis, Desa Seraya Timur, Kecamatan Karangasem.

AKP Sona mengungkapkan, setiap hujan lebat sering terjadi banjir di Sungai Wates. Saat banjir, lalulintas dari arah Singaraja menuju Amlapura maupun sebaliknya terhenti sekitar 4 jam. Camat Kubu Nyoman Suratika mengapresiasi kerja jajaran Polsek Kubu yang langsung tanggap usai banjir dengan membersihkan sampah banjir. “Di lokasi itu sering terjadi banjir saat musim hujan. Material meluber ke jalan raya, terutama pasir dan kerikil. Kami sudah laporkan ke Dinas PUPR Karangasem,” kata Suratika. Harapannya segera dibangun jembatan sehingga warga tidak terhambat melintas saat hujan. *k16

Komentar