nusabali

Pasar Kidul Bangli Terbakar

  • www.nusabali.com-pasar-kidul-bangli-terbakar

Disperindag masih mendata jumlah pedagang korban kebakaran.

BANGLI, NusaBali

Pasar Kidul di Kelurahan Kawan, Kecamatan/Kabupaten Bangli terbakar, Jumat (12/11) sekitar pukul 16.30 Wita. Kebakaran menyebabkan 9 lapak dan 1 kios di lantai dua blok utara ludes. Kerugian material ditaksir puluhan juta rupiah. Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bangli dibantu Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Gianyar dan Dinas Pemadam Kebakaran Klungkung berusaha padamkan amukan api. Sekitar 30 menit api berhasil dipadamkan.

Informasi di lapangan, kebakaran terjadi di dua titik yang menyebabkan 9 buah lapak dan 1 kios terbakar. Pantauan di lokasi, pemilik kios berdatangan ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi barang dagangannya. Usaha mereka sia-sia karena kobaran api sudah besar. Saksi mata, Dewa Maharta melihat kobaran api di lantai II Pasar Kidul sekitar pukul 16.30 Wita. “Ada yang teriak. Saya lihat api di lantai dua,” ungkap Dewa Maharta. Saksi berinisiatif langsung ke kantor Pemadam Kebakaran untuk minta bantuan. “Saya tidak ada nomor telepon Pemadam Kebakaran, saya langsung ke kantornya,” jelas Dewa Maharta.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta langsung meninjau lokasi kebakaran. Menurut Bupati Sedana Arta, ada dua titik api di lantai II blok utara. “Berkat kesigapan tim Damkar termasuk bantuan petugas Damkar dari Kabupaten Gianyar dan Klungkung sehingga api bisa dipadamkan,” ungkap Bupati Sedana Arta. Pasar Kidul Bangli sudah beberapa kali terbakar. Bupati akan melakukan evaluasi. “Kami akan rapatkan dengan tim dan meninjau secara total,” tegas bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut Bangli ini. Politisi PDIP ini menambahkan, petugas kepolisian sudah melakukan investigasi. Hanya saja belum bisa dipastikan pemicu kebakaran.

Sementara Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli, I Wayan Gunawan mengaku masih melakukan pendataan pedagang yang menjadi korban. Di titik kebakaran ada pedagang plastik, pedagang pisang, dan pedagang bunga. Waka Polres Bangli, Kompol I Wayan Suka mengatakan anggota sudah melakukan olah TKP. Kompol Suka belum dapat memastikan pemicu kebakaran. “Jika hasil pemeriksaan sudah rampung pasti kami sampaikan,” ungkap Kompol Suka. *esa

Komentar