nusabali

Usulan Penempatan Penyuluh Lingkungan Terkendala Anggaran

  • www.nusabali.com-usulan-penempatan-penyuluh-lingkungan-terkendala-anggaran

TABANAN, NusaBali
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabanan mengusulkan agar pemerintan menempatkan  penyuluh lingkungan di desa.

Penyuluh ini bertugas mengedukasi masyarakat agar sadar mengolah sampah. Hanya saja usulan tersebut belum bisa terealisasi karena terkendala anggaran.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabanan I Made Subagia mengatakan kehadiran pPenyuluh lingkungan sangat penting dalam penanganan sampah. Sebab pengolahan sampah, khususnya untuk memilah sampah, belum maksimal dilakukan masyarakat. Di lain sisi, kondisi TPA Mandung di Banjar Mandung, Desa Sembung Gede, Kecamatan Kediri, Tabanan, makin overload atau kelebihan kapasitas tampung.  Karena itu ‘usia’ TPA ini paling bertahan sampai 2 tahun ke depan.

Subagia menegaskan usulan penyediaan penyuluh lingkungan sudah dilakukan sejak setahun belakangan ini. Hanya saja sekarang belum bisa diterealisasikan oleh Pemkab Tabanan. Namun hal tersebut tak menjadi masalah. Karena di desa telah ada tim Desa Kerti Bali Sejahtera (KBS) yang dicanangkan oleh Gubernur Bali, bulan Oktober 2021. Di tim ini, para ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali dan Pemkab/kota, diperbantukan sebagai tim desa untuk mempercepat progam-progam pembangunan desa di Bali.

“Kami di Dinas Lingkungan Hidup tentu bisa bernafas lega. Karena sekarang sudah ada tim KBS. Tim ini akan diajak berdiskusi untuk mendampingi para perbekel dan desa tentang bagaimana bijak mengolah sampah berbasis sumber,” terangnya, Kamis (11/11).

Dikatakan, jika penyuluh lingkungan ini terealisasi, minimal satu kecamatan diperlukan satu tenaga penyuluh. Sehingga perlu 10 orang penyuluh lingkungan, yang tugasnya sebagai penyambung program pemerintah, memonitoring dan mengambil aspirasi dari masyarakat. "Awalnya, sempat coba kami usulkan penyediaan penyuluh lingkungan. Hanya saja belum bisa terealisasi. Tetapi sudah tak jadi masalah," tegas Made Subagia.

Usaha untuk pengolahan sampah di Tabanan harus segera dilakukan dengan maksimal. Karena melihat dari kondisi TPA Mandung yang seharinya mendapat kiriman 100 ton sampah dan sudah kini overload. Namun sejumlah usaha sudah dilakukan Pemkab Tabanan, salah satunya membangun 15 TPS 3R. Bahkan 26 unit TPS 3R segera dibangun tahun 2021 lewat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK).*des

Komentar