nusabali

Tambah Tiga Emas, Kontingen Peparnas Bali Dekati Target

  • www.nusabali.com-tambah-tiga-emas-kontingen-peparnas-bali-dekati-target

JAYAPURA, NusaBali.com - Hari kelima berlangsungnya Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua, Kamis (11/11/2021), kontingen Bali menambah tiga medali emas, satu perak, dan satu medali perunggu.

Tiga medali emas dipersembahkan oleh atlet tolak peluru putra kelas F11 difabel netra), Iwan Cahyadi, yang berlaga pada nomor 9,50 meter. Berlaga di Stadion Lukas Enembe ini merupakan perolehan medali kedua bagi Iwan setelah pada kesempatan sebelumnya ia juga berhasil mempersembahkan medali perak pada cabor lempar cakram putra, kelas T11 (difabel netra).

Emas kedua diraih Okan Hanif Arrasya. Perenang 15 tahun  yang  berlaga di Stadion Aqua Center Lukas Enembe berlaga di nomor 50 meter gaya kupu-kupu putra S15 (difabel rungu). Sementara emas ketiga kembali dipersembahkan oleh Ni Wayan Ayu Alvina Pebriani Bujangga. Emas kedua yang diraih Ayu dalam ajang ini disumbangkan dari cabor lari 200 meter putri T13 (difabel netra).

Untuk medali perak kontingen Bali di hari Umanis Galungan dipersembahkan oleh Ayu Intan Melisa Maharani, yang berlaga di cabor renang nomor 50 meter gaya kupu-kupu putri S15 (difabel rungu). Dan medali perunggu kontingen Bali dipersembahkan oleh I Gede Vica Astawa, atlet lari nomor 800 meter putra T38 (difabel grahita). Ini juga sekaligus medali kedua Gede pada ajang Peparnas di Bumi Cenderawasih.

“Dengan perolehan tiga emas hari ini sangat membanggakan, Astungkara mungkin ini berkah hari raya kemarin. Mudah-mudahan besok ada 12 nomor lagi yang akan bertanding, mudah-mudahan semua mendapat hasil yang terbaik,” ujar Ketua NPCI (National Paralympic Committee Indonesia) Bali, Gede Komang Darma Wijaya, Kamis (11/11/2021).   

Dengan raihan medali hari ini, kontingen Bali telah mengumpulkan total 7 medali emas, 10 perak, dan 5 medali perunggu, dan untuk sementara berada di peringkat 13 klasemen perolehan medali. Dengan sisa dua hari pertandingan kontingen Bali masih optimis meraih target 12 medali emas dan berada di peringkat 10 perolehan medali.

“Bagaimanapun kita harus tetap optimis, dari 12 nomor yang akan kita ikuti berikutnya mudah-mudahan ada lima atau lebih medali emas yang akan kita capai,” kata Darma Wijaya.

Untuk itu Darma berharap para atlet yang akan bertanding hari Jumat (12/11/2021) tetap bersemangat meraih hasil terbaik dan meresapi semangat ‘Jengah Sing Nyak Kalah’ milik kontingen Peparnas Bali.

Para atlet Bali setiap harinya diberikan motivasi bertanding dari tim pelatih dan sebelum bertanding pun dilakukan kegiatan doa bersama. “Kita bisa berusaha tetapi hasil tetap yang menentukan yang di atas,” sebut Darma Wijaya. *adi

Komentar