nusabali

Satu Calon Perbekel Ajukan Keberatan di Pilkel Kayuputih

  • www.nusabali.com-satu-calon-perbekel-ajukan-keberatan-di-pilkel-kayuputih

SINGARAJA, NusaBali
Seorang calon perbekel yang mencalonkan diri pada Pemilihan Perbekel (Pilkel) Desa Kayuputih, Kecamatan Banjar, Buleleng, mengajukan keberatan.

Calon ini bersurat langsung kepada Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, karena menilai proses pemilihan terjadi kecurangan. Ketua Panitia Pilkel Desa Kayuputih, Guru Made Gawe yang dihubungi dari Singaraja, tak menampik hal tersebut. Keberatan tersebut dilayangkan calon perbekel nomor urut 3, Nyoman Ardini. Menurutnya, calon perbekel tersebut langsung menyurati Bupati Agus Suradnyana pada, Kamis (4/11) lalu.

“Pokok keberatannya pada proses pilkel. Bukan hasil pilkel. Ada yang curang katanya karena bagi sembako dan bagi voucher,” kata Guru Gawe yang dihubungi, Sabtu (6/11). Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Buleleng, Nyoman Agus Jaya Sumpena dihubungi terpisah, tak menyangkal adanya keberatan dari seorang calon perbekel. Hanya saja menurutnya, surat keberatan yang dilayangkan langsung kepada Bupati Buleleng tidak tepat.

“Semestinya bukan ke bupati, tetapi ke panitia Pilkel di desa,” jawabnya singkat. Mantan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Buleleng itu menyebutkan keberatan tersebut tidak akan mengganggu hasil pilkel, sebab keberatan yang disampaikan salah alamat. “Yang seharusnya disampaikan ke bupati adalah hasil Pilkel, kalau keberatan ranahnya panitia di desa,” imbuh dia.

Namun dia memastikan surat keberatan itu tetap akan dikoordinasikan ke panitia tingkat desa dan pengawas, untuk dijadikan bahan evaluasi tahapan Pilkel selanjutnya. Sementara itu dalam Pilkel Serentak yang dilaksanakan 40 desa di Buleleng, salah satunya adalah Desa Kayuputih, Kecamatan Banjar, Buleleng. Pilkel di desa wilayah Banjar atas ini memunculkan tiga calon.

Calon nomor urut 1, Kadek Dina Nuriani yang memenangkan suara sebanyak 1.593 suara. Calon pendatang baru ini merupakan istri anggota DPRD Buleleng Kadek Widana, yang mampu menumbangkan calon incumbent I Made Sudiarta yang mendapat nomor urut 2 dan calon pesaingnya yang juga seorang srikandi Nyoman Ardini di nomor urut 3.

Dari 3.020 orang pemilih yang menyalurkan haknya ke TPS, Dina Nuriani menang telak atas dua lawannya, yakni dengan 1.593 suara. Lalu disusul calon nomor undi 3 Nyoman Ardini dengan 886 suara dan terakhir calon nomor undi 2 yang merupakan calon incumbent dengan 501 suara. *k23

Komentar