nusabali

Sehari Digelar, Transaksi Pasar Tani Capai Rp 38 Juta

  • www.nusabali.com-sehari-digelar-transaksi-pasar-tani-capai-rp-38-juta

BANGLI, NusaBali
Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli menggelar Pasar Tani di depan monumen Perjuangan Kapten TNI AA Anom Mudita, Rabu (3/11).

Pasar tani diramaikan puluhan pedagang dari kelompok tani. Pasar tani yang digelar sehari mencatat transaksi Rp 38 juta lebih. Kadis PKP Bangli I Wayan Sarma mengatakan, pasar tani untuk memfasilitasi penjualan produk petani-petani lokal Bangli. Kegiatan ini serangkaian menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan.

Menurut Wayan Sarma, pelaksanaan pasar tani mendapat respon dari masyarakat umum maupun ASN di Bangli. Tercatat jumlah transaksi Rp 38 juta lebih. Catatan ini menjadi semangat untuk menggelar pasar tani berikutnya. “Baru pertama kali digelar, hasil penjualan pasar tani cukup bagus. Kami akan menggendakan kembali pasar tani tahun berikutnya,” ungkap Wayan Sarma. Dia berjanji pada pasar tani tahun depan dengan persiapan lebih matang sehingga bisa lebih banyak mengakomodir pedagang dengan produk lokal Bangli.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, kegiatan pasar rakyat atau pasar tani untuk menjaga kestabilan harga di pasar jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan. Pasar tani juga untuk melihat potensi yang dimiliki Bangli. “Pasar tani memberikan kesempatan kepada pedagang lokal untuk menjual hasil produksinya,” ungkap Bupati Sedana Arta. Pasar tani menyediakan banyak kebutuhan pokok seperti ikan, daging, sayur-mayur, beras, buah lokal, dan lainnya. “Mari kita bantu hidupkan perekonomian lokal dengan berbelanja di pasar tani,” ajak Bupati Sedana Arta saat memantau pelaksanaan pasar tani. *esa

Komentar