nusabali

Tembok Panyengker Pasar Hewan Kayuambua Roboh

  • www.nusabali.com-tembok-panyengker-pasar-hewan-kayuambua-roboh

BANGLI, NusaBali
Tembok panyengker Pasar Hewan Kayuambua, Kecamatan Susut, Bangli, roboh, Selasa (2/11) sekitar pukul 15.00 Wita.

Tembok panyengker di bagian timur roboh pasca hujan lebat. Koordinator Pasar Hewan Kayuambua I Nengah Degdeg mengatakan, gempa bumi yang terjadi beberapa waktu lalu menyebabkan keretakan pada tembok panyengker. Akibat diguyur hujan lebat, tembok yang retak akhirnya tumbang.

Tembok panyengker sepanjang 15 meter roboh karena pondasi terkikis air. “Kami sudah laporkan kepada pimpinan. Material tembok segera dibersihkan. Petugas pasar hewan kami libatkan saat penanggulangan darurat,” ungkap Nengah Degdeg, Rabu (3/11). Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (PKP) Bangli, I Wayan Sarma saat dikonfirmasi membenarkan tembok panyengker Pasar Hewan Kayuambua jebol pasca hujan lebat. Material tembok yang jebol akan dibersihkan, selanjutnya dijadikan pondasi. “Kami buat pembatas darurat, di sebelah pasar adalah lahan tegalan warga,” ungkap Wayan Sarma.

Wayan Sarma memastikan kerusakan tembok panyengker tidak mengganggu kegiatan di pasar hewan. “Perbaikan baru bisa dilakukan tahun depan karena anggaran di tahun 2021 sudah diplot untuk kegiatan lain,” ungkap Wayan Sarma. Dinas PKP Bangli akan melakukan pembangunan sarana prasarana Pasar Hewan Kayuambua dengan anggaran Rp 319.500.000 pada APBD Perubahan tahun 2021. Kegiatan meliputi perbaikan dermaga, toilet, dan pembuatan papan nama. Rehabilitasi pasar hewan akan berdampak pada peningkatan pendapatan. *esa

Komentar