nusabali

Nostalgia Masa SD, dan Sempat Sembahyang di Padmasana

Bupati Tamba Cek Renovasi Gedung di SDN 2 Kaliakah

  • www.nusabali.com-nostalgia-masa-sd-dan-sempat-sembahyang-di-padmasana

NEGARA, NusaBali
Pembangunan renovasi gedung kelas dan perpustakaan di SDN 2 Kaliakah, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana, yang dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2021 telah rampung dikerjakan.

Untuk melihat secara langsung hasil pembangunan sekaligus bernostalgia, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengunjungi sekolah tempat dia menyelesaikan pendidikan jenjang SD dulu, Rabu (3/11) pagi.

Kehadiran Bupati Tamba didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikpora) Jembrana Ni Nengah Wartini dan Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) pada Dinas Dikpora Jembrana I Nyoman Wenten, disambut Kepala SDN 2 Kaliakah Ni Wayan Kerni.

Begitu tiba di lokasi, Bupati Tamba sempat diajak berkeliling melihat bangunan sekolah setempat dan mengunjungi para siswa yang tengah belajar di kelas.

Dengan suasana bercanda, Bupati Tamba sempat berbagi cerita mengenai riwayat masa kecilnya pada 50 tahun lalu saat menjadi siswa di SD setempat. Kesempatan itu digunakan Bupati Tamba untuk memotivasi siswa agar selalu semangat belajar dan tekun untuk meraih prestasi.

Saat berinteraksi dengan sejumlah siswa itu, Bupati asal Desa Kaliakah ini sempat bertanya kepada beberapa siswa mengenai cita-cita mereka. Para siswa pun tampak bersemangat mengangkat tangan dan mengungkapkan cita-citanya. Beberapa di antara anak-anak itu pun ada yang bercita-cita menjadi Bupati Jembrana.

“Bapak dulu juga sekolah di sini. Walaupun letak sekolahnya di desa, bapak sekarang menjadi bupati. Untuk itu, anak-anak bersemangatlah untuk belajar. Raih cita-cita agar kelak bisa menjadi orang sukses. Bahkan menjadi bupati,” kata Bupati Tamba.

Selain ke ruang kelas menemui siswa, Bupati Tamba juga sempat melakukan persembahyangan di Padmasana sekolah setempat. Di sela-sela kunjungan itu, Bupati Tamba sempat membagikan bingkisan makanan kepada siswa setempat. “Sudah sekitar 50 tahun lamanya saya tinggalkan sekolah ini. Baru saat ini kami bisa datang lagi dan sekaligus sembahyang. Astungkara anak-anak ini nantinya bisa menjadi orang yang berguna di masa depan,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba mengisahkan, setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD 2 Kaliakah, dirinya melanjutkan ke SMP Budi Sastra yang sebelumnya berada di Desa Manistutu, Kecamatan Melaya. Kemudian untuk SMA, dirinya melanjutkan sambil merantau ke SMAN 1 Singaraja, Buleleng.

Sementara Kabid Dikdas pada Dinas Dikpora Jembrana I Wayan Wenten menjelaskan, ada dua bangunan atau gedung yang direnovasi di SDN 2 Kaliakah ini, yakni satu gedung ruang kelas dan ruang perpustakaan. “Ini kita menggunakan DAK tahun 2021. Total anggaran untuk renovasi gedung SDN 2 Kaliakah ini sebesar Rp 385.923.409,” ucapnya. *ode

Komentar