nusabali

Antisipasi Gangguan, PDAM Maksimalkan Pengecekan

  • www.nusabali.com-antisipasi-gangguan-pdam-maksimalkan-pengecekan

BANGLI, NusaBali
PDAM Bangli mengoptimalkan pengecekan pipa transmisi hingga ke sumber mata air. Pengecekan ini untuk antisipasi terjadinya gangguan saat Hari Raya Galungan nanti.

Direktur PDAM Bangli, Dewa Gede Ratno Suparso Mesi mengatakan, petugas di masing-masing unit melakukan penelusuran pipa transmisi untuk mengecek kondisi pipa serta memastikan kerja masing-masing pompa.

Petugas masing-masing unit melaporkan hasil pendataan di lapangan. Jika terjadi gangguan segera bisa mengambil tindakan. Semisal ada penurunan fungsi pompa. “Kami upayakan suplai air lancar. Dalam kondisi hujan saat ini terjadi beberapa kerusakan pipa. Kami sudah melakukan perbaikan dan proses perlu waktu,” ungkap Dewa Rono sapaan akrab Ratno Suparso Mesi, Selasa (2/11).

Dewa Rono menyebutkan, PDAM Bangli sedang membangun sistem informasi geografis. Sistem ini memuat jaringan pipa milik PDAM. Jika terjadi gangguan, petugas bisa mengetahui langsung titik gangguan. Jika terjadi gangguan di pelanggan, petugas juga bisa mengetahui lokasi pelanggan. “Dengan sistem ini kami bisa mengetahui titik rawan air seperti adanya gangguan distribusi air,” ungkap Dewa Rono. Direktur asal Kelurahan Kawan ini mengaku telah melatih 8 personel untuk penerapan sistem ini. Mereka merupakan petugas dari seluruh unit. *esa

Komentar