nusabali

4-16 November, Kapal Roro dan LCT Stop Operasi

  • www.nusabali.com-4-16-november-kapal-roro-dan-lct-stop-operasi

SEMARAPURA, NusaBali
Kapal Motor Penumpang (KMP) Roro (roll on-roll off) Nusa Jaya Abadi, dan 2 unit Kapal LCT (Landing Craft Tank), yang melayani penyeberangan dan angkutan barang dari Pelabuhan Padangbai, Karangasem - Pelabuhan Mentigi, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, dan sebaliknya, tunda operasi sementara, sejak Kamis (4/11) beosk – Selasa (16/11).

Karena ada renovasi dua dermaga Mobile Bridge (MB) di Pelabuhan Mentigi, Nusa Penida.  Perbaikan dilakukan hingga 16 November 2021, mengganti MB lama menjadi MB baru menggunakan hidrolik. "Dengan MB hidrolik, begitu air pasang-surut, bisa otomatis menyesuaikan," kata Kabid Angkutan dan Sarana, Dishub Klungkung, Komang Sudiarta, Selasa (2/11).

Sudiarta menambahkan penutupan MB di Pelabuhan Mentigi, Nusa Penida, seharusnya dilakukan sejak 27 Oktober 2021. Namun, setelah negosiasi dengan pemborong akhirnya perbaikan bisa dikerjakan di bagian pinggir terlebih dahulu. Sehingga Kapal Roro dan LCT masih bisa beroperasi hingga Rabu (3/11) ini. Perbaikan di bagian tengah MB baru dilakukan Kamis besok. Maka sejak 27 Oktober - 3 November 2021, semua barang sudah dikirim oleh pengusaha ke Nusa Penida. "Baik itu gas elpiji sudah disiapkan, BBM untuk PLN dan masyarakat juga sudah disiapkan," ujar Sudiarta.

Sedangkan, pengiriman barang, kebutuhan pokok (sembako) melalui 3 unit sampan angkutan barang yang melayani dari Pelabuhan Tribuana, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, yang melayani ke Nusa Penida. "Kalau alternatif pengiriman barang ke Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Jungutbatu (Desa Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida), sudah biasa pakai sampan angkutan barang," kata Sudiarta. *wan

Komentar