nusabali

PTM di SLB Karangasem Molor 2 Minggu

  • www.nusabali.com-ptm-di-slb-karangasem-molor-2-minggu

AMLAPURA, NusaBali
Pembelajaran tatap muka (PTM) di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Karangasem molor selama dua minggu. PTM dii SLB Negeri Karangasem dibagi tiga gelombang.

Gelombang I selama 5 hari untuk SMA LB dari tanggal 18-22 Oktober, gelombang II untuk SMP LB dari tanggal 25-29 Oktober, dan gelombang III untuk SD LB dari tanggal 1-5 Nopember 2021, begitu seterusnya. Siswa datang ke sekolah tiap tiga minggu sekali sesuai jadwal PTM.

Kasek SLB Negeri Karangasem, Mudi Dwikorahesti, siswa yang tidak datang ke sekolah masih belajar daring (dalam jaringan). Pembagian PTM tiga gelombang setiap jenjang pendidikan karena ruang kelas terbatas. Sementara ada 16 ruang kelas, dari kebutuhn 48 ruang kelas. Tenaga guru juga kurang, hanya ada 33 guru, termasuk 26 guru PNS. “Makanya belajarnya digabung, misalnya untuk siswa SMP LB kelompok B (tuna rungu wicara) terdiri dari 8 siswa, belajarnya digabung dari kelas VII, kelas VIII, dan kelas IX,” jelas Mudi, Senin (1/11).

Sedangkan siswa autis memerlukan ruangan khusus dan guru khusus pula. Siswa autis perlu pengawasan intensif karena siswa itu hiperaktif. SLB Negeri Karangasem memiliki 158 siswa, masing-masing 100 siswa SD, 38 siswa SMP, dan 20 siswa SMA. SLB perlu ruang kelas yang banyak karena dibagi-bagi sesuai tingkat kebutuhan siswa. Mudi mengatakan, PTM tidak mesti sepenuhnya dilaksanakan, tergantung izin orangtua siswa. “Kami tidak memaksa ikut PTM, jika orangtuanya mengizinkan maka dilaksanakan PTM terbatas. Jika tidak dapat izin tetap belajar daring. Kami lakukan PTM sifatnya ujicoba,” jelas Mudi. *k16

Komentar