nusabali

Puan Ingatkan Anggota DPR RI Salurkan Aspirasi

  • www.nusabali.com-puan-ingatkan-anggota-dpr-ri-salurkan-aspirasi

JAKARTA, NusaBali
Setelah hampir satu bulan reses menyerap aspirasi konstituen di daerah pemilihan, Anggota DPR RI kembali aktif bersidang ditandai dengan dibukanya Rapat Paripurna yang berlangsung, Senin (1/11) di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta secara fisik dan virtual.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan agar para Anggota DPR RI memanfaatkan masa sidang ini untuk menyalurkan aspirasi konstituen masing-masing lewat fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran yang dimiliki DPR RI.

"Hasil anggota dewan menyerap aspirasi di lapangan harus dirasakan oleh rakyat lewat kerja-kerja parlemen,” ujar Puan melalui keterangan tertulisnya, Senin (1/11). Puan mengatakan, DPR RI selalu dituntut untuk dapat responsif terhadap berbagai permasalahan yang berkaitan dengan urusan rakyat. Oleh karena itu, DPR RI akan secara efektif mendorong pemerintah agar kinerjanya semakin baik dalam menangani pelayanan kepada masyarakat.

“Sehingga rakyat selalu merasakan kehadiran negara dalam membantu menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya,” ucap Puan. Puan menegaskan, DPR RI memiliki komitmen yang tinggi untuk melakukan berbagai upaya dan kebijakan melalui fungsi legislasi, anggaran, pengawasan dan juga diplomasi. Hal tersebut, secara khusus dilakukan untuk memperkuat upaya penanganan pandemi Covid-19 serta percepatan pemulihan ekonomi dan sosial.

Dengan begitu, kehidupan rakyat bisa kembali pulih dari dampak pandemi Covid-19. Ada sejumlah agenda penting akan dikawal DPR RI dalam masa sidang kali ini, termasuk mengenai pembahasan waktu pelaksanaan Pemilu Serentak 2021. Puan mengingatkan agar kerja DPR RI yang masih tetap menerapkan rapat-rapat gabungan fisik dan virtual, harus dilaksanakan seefektif dan seefisien mungkin.

“Kita harus tetap waspada terhadap kemungkinan lonjakan kasus Covid-19, walaupun saat ini telah melandai khususnya di Provinsi DKI Jakarta. Meski begitu, kerja-kerja DPR RI harus tetap berjalan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi rakyat,” terang politisi dari PDIP ini.

Dalam Rapat Paripurna juga berlangsung pelantikan lima orang Anggota DPR RI Pengganti Antar Waktu (PAW) berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 117/P, Nomor 119/P dan Nomor 125/P Tahun 2021. Pelantikan dipimpin Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar.

Kelima anggota tersebut adalah Diah Nurwitasari menggantikan almarhum Adang Sudrajat (Fraksi PKS- Dapil Jawa Barat II), Paulus Ubrungge menggantikan almarhum John Siffy Mirin (Fraksi PAN- Dapil Papua), Aida Muslimah menggantikan Syafruddin H Maming (Fraksi PDIP- Dapil Kalimantan Selatan II), Harris Turino menggantikan Muhammad Prakosa (Fraksi PDIP- Dapil Jawa Tengah IX) dan Novri Ompungsungu menggantikan Sulaiman Umar (Fraksi PDIP- Dapil Kalimantan Selatan II).

Atas pelantikan Anggota DPR RI melalui jalur PAW, Puan mengucapkan selamat bertugas kepada mereka.

“Anggota DPR RI yang baru kita harapkan amanah dalam menjalankan tugas. Dengan bergabungnya anggota-anggota dewan yang baru, semoga akan lebih memperkuat pelaksanaan tugas konstitusional dewan,” papar Puan. *k22

Komentar