nusabali

PPI Karangdadi Makin Tenggelam

  • www.nusabali.com-ppi-karangdadi-makin-tenggelam

PPI tersebut sudah tidak tercatat di Pemkab Klungkung. Karena proyek itu lama sudah tidak dikerjakan lagi.

SEMARAPURA, NusaBali
Kondisi bangunan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Pantai Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, kian memprihatinkan. Bangunan makin rusak  dan tenggelam karena terjangan ombak tinggi. Abrasi pantai juga tak terkendali.

Pantauan di lapangan, Senin (1/11), tampak bangunan PPI roboh. Gedung perkantoran, gudang es, bangunan tower, lokasi lelang ikan juga ikut tergerus. Bangunan Padmasana, Piyasan Panglurah, Taksu, dan gapura di areal PPI, sebagian besar tertimbun pasir. "Kondisi bangunan semakin rusak akibat diterjang ombak beberapa waktu lalu, ditambah abrasi," ujar warga sekitar, Mangku Darma.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Klungkung I Dewa Putu Griawan, mengatakan secara umum bangunan PPI tersebut sudah tidak tercatat di Pemkab Klungkung. Karena proyek itu lama sudah tidak dikerjakan lagi. "Untuk lebih lanjut kami akan koordinasi dengan Provinsi Bali," ujar pejabat asal Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ini.

Sebelumnya, PPI dibangun tahun 2005 dengan dana alokasi khusus (DAK). Perencanaan awal, biaya pembangunan ini Rp 33 miliar, dibangun bertahap. Namun dana yang turun saat itu minim ,hanya Rp 1 miliar lebih. Tahun berikutnya  dana turun juga kecil dan terakhir DAK turun tahun 2012, Rp 2,4 miliar. Dana yang sudah turun untuk PPI ini ditambah dana pendamping sekitar total Rp 19,7 miliar. *wan

Komentar