nusabali

Desa Aan Kembangkan Wisata Tubbing

  • www.nusabali.com-desa-aan-kembangkan-wisata-tubbing

SEMARAPURA, NusaBali
Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, terus menggali potensi desa untuk pengembangan desa wisata.

Kini desa di jalur utara dari Museum Lukis Klasik Bali Nyoman Gunarsa, Banjar Banda, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan ini, akan mengembangkan wahana tubbing.  Wahana berbasis air ini menggunakan ban dalam mobil di irigasi subak, areal Objek Wisata Petapan Park, Desa Aan.

Perbekel Desa Aan I Wayan Wira Adnyana mengatakan wahana di objek wisata Petapan Park salah satunya bermain tubbing sepanjang 250 meter di aliran irigasi subak. Wahana ini dilengkapi 20 buah ban mobil. "Meskipun rutenya cukup pendek, anak anak biasanya bolak-balik bermain tubbing. Mereka saling bergantian dengan temannya," ujar Adnyana.

Pemilihan rute pendek ini juga untuk memudahkan pengawasan terutama untuk anak anak saat bermain tubbing. "Aliran irigasi ini juga tidak terlalu dalam sehingga aman, kendati demikian kami juga tetap mengawasi," ujar Adnyana.

Dalam pengembangan Desa Wisata Aan, jelas dia, juga dilakukan kerjasama dengan beberapa sekolah, bahkan sekolah internasional, termasuk anak-anak turis manca negara yang tinggal di Bali. "Kami juga siapkan pelbagai atraksi, seperti Tari Barong dari keraras (daun pisang kering), Topeng Kera, dan bermain di lumpur," imbuh Adnyana.

Kemudian, Desa Wisata Aan juga memberikan edukasi kepada pengunjung untuk membuat teh madu beras merah. Madu yang digunakan merupakan budidaya madu Kela-kela di areal Petapan Park. "Kami ajak para pengunjung untuk panen langsung madunya," ujar Adnyana.

Sebelumnya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan peletakan batu pertama proyek pembangunan sarana dan prasarana pariwisata di Objek Wisata Aan Secret Waterfall, Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Sabtu (11/9) lalu. Proyek fisik tersebut bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Wujud proyek berupa jalan setapak menuju Aan Secret Waterfall, sepanjang 400 meter, jembatan di bawah air terjun, dan sebuah gazebo, serta .
tangga pengaman di objek Bukit Batu Kembar. Total dana untuk kegiatan tersebut Rp 600 juta. *wan

Komentar