nusabali

DLH Gianyar Optimalkan Fungsi TPS3R

Antisipasi TPA Temesi Overload

  • www.nusabali.com-dlh-gianyar-optimalkan-fungsi-tps3r

TPS3R yang telah beroperasi efektif dalam mengurangi sampah yang dibuang ke TPA Temesi.

GIANYAR, NusaBali

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Temesi di Desa Temesi, Kecamatan Gianyar, lambat laun pasti overload (kelebihan kapasitas). Sebagai antisipasi, Dinas Lingkungan Hidup Gianyar mengoptimalkan pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reuse Reduce Recycle (TPS3R).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gianyar Ni Made Mirnawati mengatakan tahun ini TPS3R akan dibangun serentak di puluhan desa. Diharapkan, selama awal operasionalnya dapat menampung sampah dari 200 rumah tangga (RT) per hari atau 1 ton per hari. "Dengan demikian, beban TPA Temesi yang telah overload pun bisa ditanggulangi," ujar Mirna, Jumat (29/10).

Pembangunan TPS3R dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Gianyar. Mirnawati bersyukur karena pembangunan TPS3R secara serentak di Kabupaten Gianyar bisa terealisasi. Hal ini sudah dicita-citakan Pemkab Gianyar sejak lama. Hal tersebut bercermin dari TPS3R yang telah beroperasi, efektif dalam mengurangi sampah yang dibuang ke TPA Temesi. "Dalam awal operasionalnya, kami harapkan dapat menangani sampah dari 200 rumah tangga per hari, sekitar satu ton. Setelah itu akan terus dikembangkan menjadi lebih banyak lagi sampah rumah tangga yang ditangani," ujarnya.

Mirnawati sangat mengharapkan, ketika TPS3R ini terwujud, sampah yang dibuang ke TPA Temesi hanya berupa sampah residu atau sampah kotor yang tidak bisa didaur ulang, contohnya pembalut. "Dengan adanya TPS3R di setiap desa, maka dalam mengarahkan masyarakat memilah sampah akan semakin mudah," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, di Gianyar akan dibangun 27 TPS3R baru dan 54 TPS3R optimalisasi bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI. Bantuan 27 TPS3R baru tersebut diberikan kepada desa- desa yang sudah siap lahan untuk lokasi.

Anggaran untuk satu unit TPS3R Rp 1,1 miliar. Anggaran ini untuk pembelian mesin pencacah sampah, dan sarana pendukung lainnya. Sedangkan bantuan TPS3R optimalisasi digunakan untuk meningkatkan TPS3R yang sudah ada. Antara lain, menambah sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang optimalisasi kinerja TPS3R. Bisa juga untuk membeli bantuan alat angkut, atau sarana lain yang dibutuhkan. Selain itu juga dimanfaatkan untuk meningkatkan sarana dan prasarana penanggulangan sampah di Gianyar. *nvi

Komentar