nusabali

Malam Ini Diagendakan Pemilihan Pengurus Baru PHDI Pusat

Laporan Pertanggungjawaban WBT Diterima

  • www.nusabali.com-malam-ini-diagendakan-pemilihan-pengurus-baru-phdi-pusat

JAKARTA, NusaBali
Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) pengurus harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat masa bakti 2016-2021 diterima oleh PHDI provinsi se Indonesia dan ormas Hindu nasional.

LPJ tersebut dilakukan pada hari kedua Mahasabha PHDI Pusat yang berlangsung secara hybrid di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (29/10).

"Agenda hari Jumat ini, membacakan LPJ. Hasilnya, PHDI provinsi menerima. Begitupula dengan ormas-ormas Hindu yang datang, semua menyetujui," ujar Ketua Bidang Publikasi dan Dokumentasi Panitia Mahasabha XII, AA Ketut Diatmika didampingi Seksi Sidang Mahasabha PHDI, Ketut Murda di Hotel Sultan, Jumat (29/10).

Ormas Hindu yang menerima LPJ tersebut adalah Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI), Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN), Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia (ICHI), Kesatuan Mahasiswa Hindu Indonesia (KMHDI), Prajaniti dan Peradah Indonesia. "Jadi, semua menyetujui LPJ kepengurusan PHDI Pusat periode 2016-2021," ucap Ketut Diatmika.

Mereka berharap ke depan, kepengurusan PHDI lebih baik lagi. Dalam LPJ, kata Agung Diatmika, Wisnu Bawa Tenaya mendorong agar sumber daya manusia umat Hindu meningkat. Salah satunya melalui universitas Hindu. Untuk itu, universitas Hindu harus go international.

Kemudian Wisnu Bawa Tenaya juga berusaha mengumpulkan dana punia melalui Badan Dharma Dana Nasional (BDDN) PHDI untuk kepentingan umat. Wisnu Bawa Tenaya mengingatkan agar nantinya BDDN lebih dioptimalkan lagi pada kepengurusan mendatang. Wisnu Bawa Tenaya pun mengajak umat Hindu tetap bersatu dan guyub.

"Kita harus ingat ajaran Tri Hita Karana. Dengan melakukan itu akan membuat kita harmonis. Kita juga harus ingat dengan kerangka Hindu, yaitu, tatwa, susila dan upakara," imbuh Ketut Diatmika. Wisnu Bawa Tenaya mengajak umat Hindu bijak pula dalam bermedia sosial.

Usai LPJ, agenda dilanjutkan dengan pembentukan komisi-komisi. "Dalam Mahasabha ini ada tiga komisi. Komisi A, B dan C," terang Agung Diatmika. Komisi A membahas rancangan program umum PHDI. Komisi B membahas penyempurnaan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta mekanisme pemilihan.

Sedangkan Komisi C membahas rekomendasi bidang agama daan keagamaan. "Sidang Komisi akan berlangsung Jumat malam ini sampai Sabtu pagi, sehingga pemilihan pengurus PHDI Pusat akan berlangsung Sabtu sore," ucap Agung Diatmika. *k22

Komentar