nusabali

Museum Bali Masih Sepi Pengunjung

Sudan Dibuka untuk Wisatawan

  • www.nusabali.com-museum-bali-masih-sepi-pengunjung

DENPASAR,NusaBali
Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Negeri Bali Denpasar  di Jalan Mayor Wisnu, Denpasar siap kembali menerima wisatawan atau pengunjung.

Tentu saja dengan mematuhi segala persyaratan penanggulangan pandemi Covid-19. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, penggunaan aplikasi PeduliLindungi dan SOP Prokes lainnya.

Kepala UPTD Museum Bali I Gusti Agung Ayu Cipta Dewi, mengatakan Rabu (27/10). “Museum sudah buka sejak sepekan lalu,” ujarnya.

Namun sampai saat ini pengunjung masih sepi. Sejak awal 2021 sampai dengan Oktober ini, pengunjung museum Bali tidak lebih dari 1.100 orang persisnya 1.091. Sedang pada 2020 lalu jumlah pengunjung  sampai 7.330 orang.

Rencananya pertengahan November depan, Museum Bali akan menyelenggarakan pameran barong memulai kembali aktivitas museum yang memiliki 14 ribu koleksi tersebut.  

Pameran barong tersebut mulai dari barong ket,  barong brutuk, barong gajah dan lainnya.Kata Gusti Agung Cipta Dewi, masyarakat semakin familiar dengan museum. Namun tetap dengan syarat, menerapkan prokes yang ketat. “Museum sudah siap dengan semua fasilitas prokes tersebut,” ujarnya.

Gusti Agung Cipta Dewi, memaparkan gambaran koleksi meseum Bali. Benda-benda atau koleksi di Gedung timur lantai bawah, kemudian koleksi benda- benda puncak kebudayaan Bali di ruang atas Gedung Timur. Koleksi alat tukar atau barter dan uang di Gedung Buleleng, koleksi Cili (simbol kesuburan) di Gedung Karangasem dan koleksi keris di Gedung Tabanan. *K17

Komentar