nusabali

Panen, Durian Berjejer di Jalan Tampaksiring

  • www.nusabali.com-panen-durian-berjejer-di-jalan-tampaksiring

GIANYAR, NusaBali
Musim panen durian sejak beberapa bulan terakhir,  menjadikan puluhan pedagang buah ini mudah ditemukan di jalan raya.

Antara lain, di pinggir Jalan Raya Tampaksiring, Gianyar. Setiap jengkal kios maupun toko, pasti menjual buah berduri dan memiliki aroma khas ini. Salah satunya Ni Komang Yuliani,35, berjualan durian di warungnya, Banjar Sanding Mancawarna, Desa Sanding, Kecamatan Tampaksiring. Yuliani mengaku musim panen durian sudah berlangsung sejak Agustus lalu. "Biasanya rajin berbuah sampai Desember," ujarnya saat ditemui Rabu (27/10).

Setiap kali musim panen, Yuliani pasti menjual durian. Tidak saja menjual hasil kebunnya sendiri, Yuliani juga menjadi pengepul dari warga setempat. "Ini sebagian dapat beli. Durian jatuhan atau ulungan, itu rasanya lebih manis," jelasnya. Di atas mejanya terdapat ratusan buah durian berbagai ukuran. Yang lebih banyak laku, durian ukuran kecil. "Yang kecil, dalam sehari bisa laku 100an buah. Yang ukuran besar sekitar 70an," jelasnya. Untuk harga yang ditawarkan bervariasi, mulai Rp 20.000 sampai Rp 50.000.

Harga ini, diakuinya, menurun signifikan karena masih suasana pandemi. Biasanya, harga durian yang dijamin manis legit dan banyak isinya berkisar sampai ratusan ribu. Meski demikian, Yuliani tetap bersyukur karena penikmat durian masih belum bisa berpaling. Dalam sehari, Yuliani bisa mengantongi pendapatan Rp 300.000 hingga Rp 1 juta. "Harganya sekarang tergolong murah, mungkin karena pandemi. Orang lebih mengutamakan kebutuhan pokok. Kalau dikasi harga mahal, bisa jadi batal membeli. Makanya dijual murah-murah," jelas Yuliani.

Selain Yuliani, sepanjang jalan raya Tampaksiring cukup mudah ditemukan pedagang buah durian. Pembeli harus pintar-pintar memilih agar mendapatkan buah yang manis dan padat isi. *nvi

Komentar