nusabali

Alur Sungai di Perumahan Taman Mulia Dinormalisasi

  • www.nusabali.com-alur-sungai-di-perumahan-taman-mulia-dinormalisasi

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung melakukan normalisasi alur sungai di Perumahan Taman Mulia, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan.

Kondisi alur sungai tertutup rumput, sehingga dikhawatirkan menghambat aliran air, terlebih saat ini memasuki musim hujan. Salah seorang warga Jimbaran, I Made Subagiada, mengatakan alur sungai di Perumahan Taman Mulia banyak ditumbuhi rumput, sehingga menghambat aliran air. Alhasil saat hujan kerap meluber ke rumah-rumah warga. Selain itu, sedimentasinya sudah sangat tinggi mengakibatkan sungai jadi sangat dangkal. “Jika ini dibiarkan, takutnya banjir akan kembali terjadi dan menyelimuti pemukiman warga sekitar,” katanya, Rabu (27/10).

“Syukur petugas dari Dinas PUPR sudah turun membersihkan. Rencana akan diterjunkan alat berat untuk mengangkat sedimentasinya. Kami sampaikan terima kasih atas langkah cepat ini,” kata Subagiada.

Subagiada berharap agar Dinas PUPR bisa mengintensifkan pembersihan alur sungai. Bukan hanya menyasar alur sungai di sekitar Perumahan Taman Mulia Jimbaran saja, melainkan juga di tempat lain. “Untuk di Jimbaran sendiri saya rasa masih ada beberapa alur sungai yang butuh penanganan, seperti di sepanjang Jalan Uluwatu,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Badung Ida Bagus Surya Suamba, mengatakan pembersihan alur sungai itu rutin dilakukan. Menurutnya dalam pembersihan alur sungai yang ada di sekitar perumahan warga itu agar pembuangan air hujan lancar.

Untuk penanganan sedimentasi, Surya Suamba menegaskan segera menurunkan alat berat untuk melakukan pengerukan. “Rencananya kami akan turunkan alat berat agar tidak adalagi sedimentasi yang menutupi alur sungai,” katanya. *dar

Komentar