nusabali

Aksiku Klungkung Jadi Agenda Tahunan

  • www.nusabali.com-aksiku-klungkung-jadi-agenda-tahunan

SEMARAPURA, NusaBali.com - Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Klungkung, Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana, memastikan jika gelaran Atraksi Melestarikan Seni dan Kebudayaan (Aksiku) Daerah Kabupaten Klungkung kembali digelar pada tahun 2022.

Aksiku yang digelar 20-24 Oktober 2021 lalu, berjalan sukses untuk mewadahi seniman-seniman di Kabupaten Klungkung mengekspresikan jiwa seninya.  “Astungkara di tahun 2022 nanti kita juga akan dapat Dana Alokasi Khusus (DAK) non-fisik karena kita konsisten untuk melaksanakan kegiatan (Aksiku) ini,” ujar Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana, Senin (26/10/2021).

Oka Wedhana menjelaskan, kegiatan Aksiku difasilitasi oleh pemerintah pusat melalui anggaran DAK non-fisik. Selain tahun ini dan tahun depan, Aksiku sudah digelar mulai tahun lalu juga dengan menggunakan anggaran DAK non-fisik.

“Terkait dengan program Aksiku, kita sudah melaksanakan yang kedua kalinya,” ungkap Oka Wedhana.

Lebih jauh Oka Wedhana mengatakan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Klungkung menginisiasi kegiatan Aksiku karena sejalan dengan salah satu visi misi Bupati Klungkung, yakni eksistensi adat dan budaya Kabupaten Klungkung.

Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam hal ini ingin memfasilitasi para seniman di Klungkung untuk menunjukkan ekspresi keseniannya masing-masing sekaligus melestarikan kebudayaan khas Klungkung.

Selain memberikan ruang untuk pentas, Aksiku juga digunakan untuk memperkenalkan budaya tak benda Kabupaten Klungkung yang saat ini sedang diajukan ke pemerintah pusat sebagai warisan budaya tak benda dari daerah Kabupeten Klungkung.

“Mohon doa dan dukungannya semoga keempat usulan kita ini bisa ditetapkan sebagai waridan budaya tak benda,” ucap Oka Wedhana.

Adapun beberapa kegiatan selama gelaran Aksiku dijelaskan Oka Wedhana yakni, Belajar Bersama di Museum, Lomba Busana Adat ke Pura, Lomba Bapang Barong dan Mekendang Tunggal, dan Lomba Tari Jauk Manis dan Mekendang Tunggal.

Kegiatan Aksiku dipusatkan di area Museum Semarajaya Pemedal Agung Klungkung, dengan tema tahun ini ‘Mempertahankan dan Menguatkan Eksistensi Adat dan Budaya Kabupaten Klungkung Melalui Program Aksiku’

“Harapan kami kegiatan Aksiku bisa memberikan dampak yang positif kepada masyarakat luas. Karena dalam era pandemi ini kami bisa memfasilitasi kerinduan dari masyarakat untuk berekspresi dalam pelaksanaan berkesenian yang nantinya bisa untuk mengajegkan budaya kita di Kabupaten Klungkung,” tandas Kadis Oka Wedhana. *adi

Komentar