nusabali

Karangasem Gagal Pertahankan Tradisi Emas di UDG Nasional

  • www.nusabali.com-karangasem-gagal-pertahankan-tradisi-emas-di-udg-nasional

AMLAPURA, NusaBali
Duta Karangasem yang memperkuat kontingen Bali gagal pertahanlan tradisi medali emas dalam Utsawa Dharma Gita (UDG) nasional.

Dari empat nomor yang diikuti, duta Karangasem yang memperkuat kontingen Bali hanya meraih medali perunggu atau juara III di tiga nomor. Kadis Kebudayaan Karangasem, I Wayan Astika, mengatakan UDG tahun 2021 digelar secara virtual, peserta mengirim video ke panitia.


Wayan Astika mengungkapkan, medali perunggu dipersembahkan oleh I Kadek Abdhi Yasa SPd MPd di lomba Dharma Wacana Berbahasa Indonesia dewasa putra, Ni Ketut Ayu Mertha Sari SPd MPd lomba Membaca Palawakya dewasa, dan Ni Kadek Ayu Paramandani SPd di lomba Membaca Palawakya dewasa berpasangan putri. Sedangkan Ida Nyoman Kumarayana yang ikut lomba Dharma Wacana Bahasa Indonesia remaja putra kurang beruntung. “Duta Karangasem yang memperkuat Bali pada UDG tahun 2021 mempersembahkan tiga medali perunggu,” ungkap Wayan Astika, Selasa (26/10).

UDG digelar Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI. Sebelumnya duta Karangasem yang memperkuat kontingen Bali sukses persembahkan prestasi saat UDG Nasional 2017 di Palembang. Duta Karangasem saat itu sebanyak 9 orang dengan persembahan dua emas. Prestasi Karangasem dengan dua emas menyamai UDG Nasional tahun 2010 yang digelar di Denpasar. Bahkan melampaui prestasi UDG Nasional 2011 di Denpasardan UDG Nasional 2014 di Jakarta dengan satu emas.

Wayan Astika mengungkapkan, pada UDG Nasional 2021, dharma wacana bahasa Indonesia dewasa putra dimenangkan DKI. Membaca palawakya dewasa berpasangan putri dimenangkan Lampung dan membaca palawakya dewasa putri dimenangkan Papua. Dari 25 nomor yang dilombakan, Bali kembali sebagai juara umum dengan 15 medali emas, 3 perak, dan 3 perunggu. *k16

Komentar